Minggu, 28 November 21

Industri Karet Punya Potensi Besar

Industri Karet Punya Potensi Besar

Jakarta, Obsessionnews – Usai membuka pameran produk karet hilir di lingkungan Kementerian Perindustrian, Senin (11/5), Menteri Perindustrian Saleh Husein mengatakan, industri karet merupakan sektor prioritas karena besarnya potensi lahan.

Selain itu, menurut Saleh, terbukanya pasar lokal dan ekspor untuk produk turunan seperti ban, sarung tangan, spare part otomotif, komponen elektronik, bahan pendukung infrastruktur serta barang keperluan rumah tangga, juga menjadikan industri karet sebagai prioritas.

Konsumsi domestik yang hanya sebanyak 18% dari total produksi nasional sebesar 3 juta ton pertahun, 55%-nya dimanfaatkan industri ban, 17% industri sarung tangan dan benang karet, 11% industri alas kaki, serta 9% industri lainnya.

Penggunaan karet sintetis dan kimia karet juga disebut-sebut Saleh memiliki peran penting dalam menghasilkan produk karet hilir.

“Pengembangan industri barang karet dan hilirisasi industri karet memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam mendukung pembangunan infrastruktur,” kata Saleh kepada wartawan. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.