Kamis, 16 September 21

Dorong Produksi Baja Agar Tak Impor Terus

Dorong Produksi Baja Agar Tak Impor Terus

Jakarta, Obsessionnews – Hingga saat ini, terdapat 352perusahaan industri baja nasional yang tersebar di beberapa wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Serapan tenaga kerjanya pun terbilang lumayan.

Dengan total tenaga kerja mencapai 200.000 orang, kapasitas produksi industri baja nasional mencapai 14 juta ton pertahun. Sementara ekspor pada tahun 2014 lalu, sebanyak US$2,23 milyar. Angka ini, naik 16,91% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar US$ 1,91 milyar.

Nilai impor baja menurut data yang dirilis Kementerian Perindustrian, pada tahun 2014 lalu sebesar US$ 12,5 milyar. Angka ini, disebutkan menurun 0,19% ketimbang tahun 2013 sebesar US$ 12,6 milyar.

Kebutuhan baja di tingkat domestik pun meningkat dari 7,4 juta ton pertahun pada 2009 menjadi  12,7 juta ton pada 2014. Diperkirakan, bakal terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi nasional.

“Oleh karena itu, untuk memenuhi permintaan baja domestik dan menghindari ketergantungan yang tinggi terhadap baja impor, produsen baja dalam negeri perlu terus meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin pada peresmian pabrik pelapisan pipa dan laboratorium service PT Bakrie Pipe Industries di Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (21/5).

Industri Baja Juga Prioritas

Industri besi dan baja, termasuk yang diprioritaskan dan punya peran penting lantaran termasuk bahan baku bagi industri lainnya seperti galangan kapal, minyak dan gas, alat berat, otomotif serta elektronika.

Menteri Perindustrian Saleh Husin pada peresmian pabrik pelapisan pipa dan laboratorium service PT Bakrie Pipe Industries di Bekasi, Kamis (21/5), mengatakan industri besi dan baja juga punya andil besar dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

”Yang saat ini sedang berkembang seperti pembangunan jalan, bandara, pelabuhan, rel kereta api, dan beberapa fasilitas lainnya,” kata Saleh.

Meski menyerap tenaga kerja cuma 550 orang saja, kapasitas produksi PT Bakrie Pipe Industries terbilang lumayan yakni 300 ribu ton pertahun. Menperin juga bilang, mencapai sasaran pembangunan industri nasional jangka panjang, diperlukan upaya yang maksimal. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.