Jumat, 23 Oktober 20

Indonesia-Sudan MOU Konsultasi Bilateral

Indonesia-Sudan  MOU Konsultasi Bilateral
* Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir (kanan) mengadakan pertemuan dengan Menteri Negara, Kementerian Luar Negeri Sudan Dr.Obiedalla Mohamed Obiedalla Hamdan (kiri) di Gedung Pancasila kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (16/2/2015). Foto: Popi Rahim

Jakarta, Obsessionnews Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir mengadakan pertemuan dengan Menteri Negara, Kementerian Luar Negeri Sudan Dr.Obiedalla Mohamed Obiedalla Hamdan di Gedung Pancasila kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (16/2/2015). Dalam pertemuan itu, Indonesia dan Sudan sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) mengenai Konsultasi Bilateral.

Selain itu, kedua belah pihak membahas isu kerjasama kedua negara di bidang politik, ekonomi, perdagangan dan sosial budaya.

Khusus dibidang kerjasama ekonomi, kedua negara sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan dengan melibatkan pelaku usaha untuk turut andil dalam mencari peluang dan mengindentifikasi komoditas ekspor dan impor.

“Kita juga membahas mengenai bagaimana menghadapi serangan berbagai macam isu dan bagaimana meningkatkan promosi diantara kedua negara,” kata Wamenlu A.M Farchir dihadapan para awak media.

Kedua belah pihak juga menyambut baik dan mengapresiasi suksesnya kerjasama panen perdana proyek penanaman padi Indonesia di daerah Gedarif State, Sudan pada 2 November 2014 lalu.

Pertemuan itu juga membahas, isu global Timur tengah yang menjadi perhatian bersama mengenai dukungan penuh bagi upaya kemerdekaan Palestina dan pandangan tentang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Kami merasa bahagia bekerjasama dengan Indonesia, mengingat sejarah seorang ulama Sudan Syeikh Ahmad Surkati yang berperan besar dalam pemikiran Islam di Indonesia,” sambut Dr.Obiedalla Mohamed Obiedalla Hamdan.

Sementara itu, turut ditandatangani pula MOU kerjasama dalam bidang Perikanan dan Joint Communique mengenai pemberantasan an Illegal, Unregulated, Unreported (IUU) Fishing yang dari Indonesia diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Sjarief Widjaja, dan pihak Sudan oleh Dr.Obiedalla Mohamed Obiedalla Ham, yang kala itu juga didampingi oleh Duta Besar Sudan untuk Indonesia Abd Al Rahim Al Siddig.

Reporter : Popi Rahim
Editor : Reza Indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.