Kamis, 27 Januari 22

Indonesia Sambut Kembalinya Maroko ke Uni Afrika

Indonesia Sambut Kembalinya Maroko ke Uni Afrika
* Duta Besar Maroko untuk Indonesia, Ouadie Benabdellah. (Foto: Popi Rahim/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Meski Kerajaan Maroko terletak di benua Afrika, namun 33 tahun yang lalu, negara yang terkenal dengan sebutan al-maghrib (mata hari terbenam) ini memutuskan keluar dari anggota organisasi terbesar yakni Uni Africa (AU) atau African Union.

Kini Maroko resmi bergabung kembali sebagai anggota penuh AU. Keputusan itu ditetapkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-28 Uni Afrika di Addis Abebba, Ethiopia yang berlangsung pada 30 -31 Januari 2017.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Duta Besar Maroko untuk Indonesia, Ouadie Benabdellah, di Jakarta, Senin (30/1/2017) mengatakan, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan Indonesia menyambut keputusan Maroko kembali ke AU. Kembalinya Maroko akan memungkinkan kerajaan itu mengembalikan tempat alamnya.

Benabdellah menyampaikan kepada Maghreb Arab Press , selama pembicaraan bersama Retno, mencatat Uni Afrika tidak bisa dibayangkan tanpa kehadiran Kerajaan Maroko.

Retno menegaskan, Indonesia dan Maroko menyadari kebutuhan untuk memperkuat hubungan ekonomi mereka dalam meningkatkan kerjasama bilateral. Kedua negara harus mengembangkan koordinasi tentang isu-isu yang berkaitan dengan perkembangan terbaru dalam dunia Islam, khususnya Palestina.

Selama pembicaraan, Retno juga memuji upaya yang dilakukan oleh Raja Maroko Mohammed VI, ketua Komite Al-Quds untuk mendukung perjuangan Palestina.

Maroko dan Indonesia, dua negara Muslim, selalu membedakan diri dengan mempromosikan nilai-nilai keterbukaan dan menghormati pluralisme.

Sebelumnya, menurut saluran Maroko Medi1 TV, ada perdebatan sengit antara lawan dan pendukung tentang permintaan Maroko untuk menjadi anggota AU. Seperti Aljazair dan Afrika Selatan yang berada di garis depan negara anggota. Mereka berusaha melobi untuk mencegah Maroko bersatu kembali dengan keluarganya, yakni Afrika. Perdebatan ini berlangsung selama debat tertutup.

Anggota AU menyatakan telah menandatangani aplikasi Maroko untuk bergabung kembali pada organisasi Pan-Afrika itu

Suasana pertemuan Uni Afrika.

Reuni Maroko  dengan keluarga Afrika setelah menarik diri dari Organisasi Persatuan Afrika (saat ini AU) tempo lalu, menyusul pengakuan Republik Saharawi Demokratik Arab (SADR) memproklamirkan diri sebagai anggota organisasi ini.

SADR mengklaim bahwa Sahara Barat yang berada di teritorial Maroko ini bukan bagian area Maroko.

Langkah pertama Maroko menuju kembali ke AU itu diprakarsai pada Juli 2016 saat KTT ke-27 UU di Kigali, Rwanda. Ketika itu Mohammed VI menulis surat pada pertemuan, di mana ia menyatakan keinginan Maroko untuk bergabung kembali dengan AU.

Kembalinya Maroko AU ini suatu langkah untuk menjaga komitmennya terhadap Afrika dan memperkuat keterlibatannya dalam segala hal.

“Maroko berjanji untuk membuat kontribusi yang konstruktif terhadap agenda dan kegiatan AU,” kata Mohammed VI (53) kala itu.

Aplikasi Maroko secara resmi diserahkan pada 23 September lalu. Maroko memperoleh dukungan dari 39 negara anggota.

“Maroko sekarang menjadi anggota penuh Uni Afrika. Ada perdebatan yang sangat panjang tapi 39 dari 54 negara kami menyetujui kembalinya Maroko, bahkan jika pertanyaan Sahara Barat tetap (dilanjutkan),”  kata Presiden Senegal Macky Sall kepada wartawan.

“Kami sangat senang menyambut Maroko saat ini dalam Uni Afrika. Keluarga Afrika kini berkembang. Maroko adalah “sebuah negara Afrika utama yang telah mampu mengembangkan hubungan kepercayaan dengan sebagian besar negara,” tambahnya.

Mohammed VI memulai kunjungan ke Ethiopia pada Jumat (27/1/2017).  Ini adalah bagian dari tindakan yang dilakukan oleh Raja untuk kembalinya Kerajaan Maroko untuk AU.

Selama kunjungan ini, Raja mengadakan pembicaraan dengan beberapa kepala negara Afrika dan penerimaan menghormati Kepala Negara dan Pemerintahan. (Popi Rahim)

Sumber

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.