Kamis, 25 April 24

Indonesia Sambut Baik Ketertarikan Investor Malaysia pada Pembangunan IKN

Indonesia Sambut Baik Ketertarikan Investor Malaysia pada Pembangunan IKN
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim memberikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Januari 2023. (Foto: Tangkapan layar laman Presiden RI)

Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia menyambut baik ketertarikan para investor Malaysia untuk menanamkan modalnya pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Baca juga:

Jokowi Mengaku Awalnya Merasa Tidak Nyaman Dikawal Paspampres

Presiden Jokowi: Pemerintah Serius Perbaiki Lingkungan pada Pembangunan IKN

 

 

Ketika memberikan keterangan pers bersama, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa terdapat sebelas letter of intent yang telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dalam partisipasi pembangunan IKN.

“Sebelas letter of intent telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, kontruksi, dan properti,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/ 2023), dikutip dari laman resmi Presiden RI.

Selain itu, pada kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim, Indonesia dan Malaysia juga menyepakati sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Sejumlah MoU di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor impor, energi hijau, pengembangan industri baterai dan lain-lainnya juga sudah ditandatangani,” kata Jokowi.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Malaysia sepakat untuk memperkuat ASEAN.

“Kita sepakat ASEAN harus dapat memainkan peran sentral dalam menjadikan kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan stabil,” tutur Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, PM Anwar Ibrahim menyampaikan bahwa Malaysia menunjukkan sikap terbuka dengan memberikan dukungan terhadap pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur. Dia meyakini pembangunan IKN akan memberikan manfaat positif baik bagi Indonesia maupun Malaysia.

“Oleh itu kita ambil pendekatan yang positif yaitu mencari jalan supaya pertumbuhan Ibu Kota Negara Nusantara itu akan juga memberi manfaat kepada wilayah yang termasuk Sarawak dan Sabah,” katanya. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.