Rabu, 8 Desember 21

Indonesia Pemasok Utama Rumput Laut di Dunia

Indonesia Pemasok Utama Rumput Laut di Dunia
* Rumput laut.

Jakarta, Obsessionnews.com- Indonesia merupakan pemasok utama dunia untuk komoditas rumput laut. Lima negara pemasok rumput laut terbesar dunia adalah Indonesia, Korea Selatan, Chili, China dan Irlandia.

Demikian keterangan tertulis Direktur Akses Pasar dan Promosi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Innes Rahmania yang diterima Obsessionnews, Sabtu (24/9/2016).

Berdasarkan data Trademap (2016), ekspor rumput laut Indonesia pada  untuk konsumsi menempati peringkat ke-2 dunia, untuk non-konsumsi berada di peringkat ke-2, sedangkan ekspor produk agar Indonesia berada di peringkat ke-7, dan karaginan berada di peringkat ke-8.

Produksi rumput laut Indonesia pada tahun 2015 mencapai 11,3 juta ton. Nilai ekspor produk rumput laut selama 5 tahun terakhir berkisar US$ 200 juta per tahun dan masih didominasi oleh produk rumput laut kering, sementara agar dan karaginan hanya sekitar 25%.

Dengan digelarnya acara tahunan Foreign Buyers Mission (FBM) pada 24 – 28 September 2016 oleh KKP bersama Swiss Import Promotion Program (SIPPO) ini diharapkan permintaan rumput laut olahan seperti agar dan karaginan dapat meningkat. Sehingga diharapkan dapat memotivasi tumbuhnya industri pengolahan rumput laut di Indonesia. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.