Kamis, 29 September 22

Indonesia Naik Lima Peringkat Kemudahan Berbisnis

Indonesia Naik Lima Peringkat Kemudahan Berbisnis

Jakarta, Obsessionnews – Lantaran sudah memangkas perizinan serta biaya dalam melakukan investasi melalui perbaikan prosedur pengurusan izin via online, peringkat Indonesia terkait kemudahan berbisnis naik lima tingkat.

Pada laporan ‘Doing Business 2016’ yang diumumkan malam tadi, Bank Dunia menempatkan Indonesia di posisi 109 dari total 189 negara yang disurvey. Sebelumnya, Indonesia berada di level 114.

Senior Vice President Bank Dunia Kaushik Basu mengatakan, setiap tahun pihaknya memantau birokrasi serta regulasi yang dilaksanakan pemerintah suatu negara dalam menjaring investor. Dia bilang, kalau kepala negara melakukan perbaikan fundamental atas iklim investasi, maka peringkat secara otomatis naik.

Naiknya peringkat Indonesia sendiri, bersamaan dengan Belarusia, Denmark, Lithuania, Macedonia, Norwegia, Rusia, San Marino, Uganda, Ukraina, dan Uzbekistan.

Bank Dunia menilai, Presiden Jokowi berhasil memangkas prosedur registrasi seperti NPWP, izin usaha serta aturan keamanan. Selain itu, mekanisme pembayaran pajak bagi investor juga dipermudah dengan cara online.

Selanjutnya, tarif pajak penghasilan untuk pekerja juga dipangkas. Selain itu, hak penggunaan aset properti juga diperkuat.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.