Rabu, 25 November 20

Indonesia Gandeng India Perjuangkan Perdamaian Dunia

Indonesia Gandeng India Perjuangkan Perdamaian Dunia
* Dialog Lintas Agama Indoensia-India (Foto: Kemlu RI)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Indonesia dan India sepakat bergandeng tangan memperjuangkan perdamaian dunia melalui sejumlah bidang, yaitu dialog lintas agama, pendidikan, kebudayaan dan media. Kerja sama dilakukan untuk pencegahan tumbuhnya paham radikal dan tindak kekerasan ekstremisme.

“Dialog Lintas Agama ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Indonesia bersama India. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Presiden Indonesia dan Perdana Menteri India yang disampaikan saat kunjungan kerja PM. Modi ke Jakarta, 29-31 Mei silam,” ujar Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan dalam keterangan tertulis Kemlu RI yang diterima Obsessionnews.com, Kamis (4/10/2018).

Sementara Penasehat Ekonomi PM Modi Bibek Debroy mengatakan, Indonesia dan India memiliki kedekatan dari segi geografis, budaya, sejarah, dan keberagaman masyarakat. “Untuk itu, dialog ini merupakan forum yang penting untuk mengatasi tantangan terhadap perwujudan harmoni dan toleransi dalam masyarakat,” ujar Bibek.

Dialog ini dihadiri oleh Menteri Negara urusan Luar Negeri India M.J. Akbar dan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep K. Rawat dengan diikuti oleh delegasi dari kedua negara yang terdiri dari pejabat pemerintahan, pemuka agama, ilmuwan dan intelektual.

Sedangkan, Wakil Menteri Luar Negeri  A.M. Fachir  mengatakan, Indonesia dan India saling berbagi keunikan dalam hal kehidupan beragama.”Jika Indonesia memiliki populasi umat Muslim terbesar di dunia, maka India merupakan rumah dari populasi umat Hindu terbesar di dunia,” ujarnya.

Selain itu, populasi umat Hindu di Indonesia cukup besar, dan sebaliknya populasi umat Islam di India juga signifikan. “Maka dari itu, kegiatan ini menjadi relevan. Kedua negara bisa saling berbagi dan belajar dari pengalaman satu sama lainnya dalam mengelola keberagaman di negara masing-masing,” tambah Fachir. (Vina)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.