Rabu, 17 Juli 19

Indonesia Fair di Bangladesh Bukukan Nilai Transaksi Rp 3,76 Triliun

Indonesia Fair di Bangladesh Bukukan Nilai Transaksi Rp 3,76 Triliun
* Pengunjung memadati Indonesia Fair 2018 di kota Dhaka, Bangladesh.

Jakarta, Obsessionnews.com – Indonesia Fair 2018 resmi ditutup. Event ini diselenggarakan sebagai kegiatan promosi terpadu yang menggabungkan misi dagang, pertunjukan budaya, dan promosi pariwisata. 

Selama 3 hari pelakaanaan sejak 26-28 April 2018, Indonesia Fair yang diselenggarakan di Dhaka, Bangladesh telah dikunjungi oleh sekitar 10.000 pengunjung dan mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat Bangladesh. 

Duta Besar  RI untuk Bangladesh, Rina P.  Soemarno mengatakan kegiatan tersebut sukses membukukan nilai transaksi hingga USD279,19 juta atau lebih dari Rp3,76 triliun, yang didapatkan dari Temu Bisnis dan pameran dagang. 

“Hasil yang dicapai pada Indonesia Fair 2018 di luar dugaan, dimana produk perdagangan dan jasa Indonesia mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Bangladesh,” kata Rina dalam siaran pers, Selasa (1/5/2018).

“Pencapaian ini merupakan awal yang baik bagi upaya penguatan kerja sama perdagangan Indonesia-Bangladesh,” tambah Rina.

Secara khusus, Dubes Rina memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha Indonesia yang ikut serta dalam Indonesia Fair 2018. Ia berharap pelaku usaha nasional dapat memperluas jangkauan usahanya melihat potensi pasar Bangladesh yang begitu besar. 

Selain Forum Bisnis, Temu Bisnis, dan pameran dagang, berbagai program promosi budaya dan pariwisata juga dilaksanakan selama berlangsungnya Indonesia Fair 2018.

Para pengunjung pameran antara lain disuguhkan pergelarantari-tarian tradisional Indonesia dari 6 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Aceh, Kalimantan, Papua, Jakarta, dan Jawa Barat oleh tim kesenian KBRI Dhaka dan Dhakabashi.

Pemutaran film-film pendek, baik dokumenter maupun fiksi juga dilakukan untuk memperkenalkan kehidupan sosial masyarakat Indonesia kepada masyarakat Bangladesh.

Untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, talkshow yang mengenalkan “10 New Bali” dan industri pariwisata Indonesia diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata dan Angkasa Pura I.

Demo kopi dan tea tasting juga dilakukan selama pameran untuk mempromosikan komoditas unggulan Indonesia tersebut. 

Masyarakat Bangladesh dan juga para pengusaha yang berpartisipasi dalam pameran mengharapkan kegiatan Indonesia Fair dapat menjadi acara tahunan di Bangladesh. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.