Kamis, 25 April 24

Indonesia dan Malaysia Sepakat Tanggulangi Kabut Asap

Indonesia dan Malaysia Sepakat Tanggulangi Kabut Asap

Imar
Jakarta– Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Balthasar Kambuaya menerima kunjungan kerja Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia, Datuk Seri G. Palanivel. Kedatangan menteri Malaysia itu untuk membicarakan situasi saat ini di dua negara terkait dengan dampak kebakaran hutan dan lahan.

Kepada menteri Malaysia itu, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menyampaikan pemerintah Indonesia telah melakukanupaya-upaya yang dalam menanggulangi dampak dari kebakaran hutan dan lahan. “Pemerintah Indonesia juga melakukan penegakan hukum terkait kabut asap ini,”kata Balthasar di kantornya, Kamis (27/6/2013).

Balthasar juga mengungkapkan bahwa Indonesia juga mengalami kerugian dari dampak kebakaran hutan dan lahan serta mampu menangani permasalahan ini.

Namun, berdasarkan informasi terakhir jumlah hotspot telah dapat dikendalikan secara signifikan, situasi berangsur-angsur normal.

Sedangkan Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia Datuk Seri G. Palanivel mengajak pemerintah Indonesia melakukan upaya bersama memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Pada kesempatan ini Menteri SDA dan Lingkungan Hidup Malaysia menyerahkan surat dari Perdana Menteri Malaysia yang ditujukan kepada Presiden RI yang menawarkan bantuan pemadaman titik api di lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Ke dua Menteri menyepakati untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan dengan melakukan kerjasama seperti pertukaran informasi dan melakukan langkah-langkah kongkrit untuk menanggulangi bencana asap.

Rencananya, Malaysia juga akan menjadi tuan rumah dalam acara Ministerial Steering Committee Transboundary Haze yang diikuti oleh 5 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Thailand) yang rencananya akan berlangsung pertengahan bulan Juli 2013.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.