Rabu, 3 Juni 20

Indonesia akan Longgarkan PSBB, WHO Ingatkan Bahayanya?

Indonesia akan Longgarkan PSBB, WHO Ingatkan Bahayanya?
* Direktur WHO, Tedros Adhanom

Banyak negara berencana untuk hidup kembali normal dan melonggarkan kebijakan lockdown serta pembatasan sosial dalam waktu dekat, termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti bahwa kebijakan tersebut bisa memancing naiknya kasus corona lagi.

Direktur WHO, Tedros Adhanom memberi contoh dengan kasus yang terjadi di Korea Selatan. “Mereka menutup bar dan klub karena adanya pasien yang terkonfirmasi melakukan banyak kontak dari penelusurannya,” ujarnya, sebagaimana dikutuip dari CNBC Internasional, Senin (12/5/2020).

Sementara di Wuhan- China, jelasnya, terdapat kluster kasus baru sejak lockdown dicabut. “Jerman juga melaporkan kenaikan kasus sejak longgarkan pembatasan,” katanya.

Tedros mendorong negara-negara lebih seksama menyiapkan langkah-langkah antisipasi sebelum longgarkan lockdown untuk pembatasan dan ingin pulihkan ekonomi. Tiga negara yang ia sebut tadi misalnya, telah mengantisipasinya dengan menyediakan infrastruktur dan pengawasan super luas dan melakukan penelusuran yang serius jikalah kasus corona muncul lagi.

Sebelum negara mencabut atau melonggarkan pembatasan, hari dipastikan bahwa sudah bisa mengkontrol epidemi dan memiliki sistem serta fasilitas kesehatan yang siap untuk hadapi gelombang kasus berikutnya. Baik untuk perawatan pasien, tes, penelusuran, dan tempat isolasi. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.