Rabu, 24 April 24

India-Pakistan Tuntut Inggris Kembalikan Berlian Kohinoor 109 Karat di Mahkota Ratu Elizabeth

India-Pakistan Tuntut Inggris Kembalikan Berlian Kohinoor 109 Karat di Mahkota Ratu Elizabeth
* Berlian Kohiinor yang dipasang di mahkota Ratu Elizabeth II. (AFP/CNBC)

Sejumlah negara di dunia meminta Inggris untuk mengembalikan berlian yang diklaim merupakan milik mereka usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Salah satu berlian yang menjadi perebutan adalah berlian Kohinoor atau dikenal dengan sebutan “Gunung Cahaya” sebesar 109 karat, dikutip dari Britannica. Berlian tersebut dipasang di mahkota Ratu Elizabeth.

Sebagaimana diberitakan Vice, berlian Kohinoor ini memiliki tingkat kemurnian 109 karat dan dipercaya merupakan berlian termahal di dunia. Estimasi harga berlian itu mencapai U$400 juta atau setara Rp6 triliun.

Selama bertahun-tahun, berlian ini digunakan oleh sejumlah generasi ratu Inggris. Namun, berlian ini menuai konflik mengingat sejumlah negara mengklaim kepemilikan atas harta tersebut.

Berikut sejumlah negara yang mengklaim kepemilikan atas berlian Kohinoor:

1. India

India menjadi salah satu negara yang mengklaim kepemilikan berlian Kohinoor.

“Inggris berutang kepada kami. Namun, alih-alih mengembalikan bukti kekejaman mereka ke pemiliknya yang sah, Inggris memamerkan Kohinoor di mahkota Ibu Suri di Menara London,” tulis salah satu anggota parlemen India, Shashi Tharoor.

Tak hanya itu, organisasi sosial-budaya di Odisha, India, mengklaim berlian Kohinoor ini merupakan milik Tuan Jagannath. Mereka lalu mendesak Perdana Menteri India Narendra Modi untuk menindaklanjuti pengembalian berlian itu.

“Berlian Kohinoor merupakan milik Sri Jagannath Bhagban. Namun sekarang berada di Ratu Inggris. Kami berharap Perdana Menteri [Modi] untuk melakukan langkah-langkah membawanya ke India,” kata Ketua Organisasi Shree Jagannath Sena, Priya Darsan Pattnaik dalam memorandum, dikutip dari NDTV.

 

2. Afghanistan

Taliban sempat mendesak pengembalian berlian Kohinoor ke Afghanistan pada 2000.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Taliban, Faiz Ahmad Faiz, mengklaim bahwa berlian tersebut merupakan properti resmi Afghanistan.

“Sejarah berlian itu menunjukkan berlian itu diambil dari kami ke India, dan dari sana ke Inggris. Kami memiliki klaim yang lebih baik daripada India,” ujar Faiz, dikutip dari The Guardian.

Faiz juga menuturkan banyak barang lain dicuri dari Afghanistan kala masa kolonial.

 

3. Pakistan

Pada 2016, seorang pengacara Pakistan mengajukan petisi yang mengklaim kepemilikan negaranya atas berlian Kohinoor.

“Kohinoor merupakan milik Provinsi Punjab dan diambil secara paksa oleh Inggris dari pemimpin lokal Duleep Singh [cucu dari Maharaja Ranjit Singh] kala ia 14 tahun, harus diberikan ke Pakistan,” kata pengacara yang membuat petisi tersebut, Jawaid Iqbal Jaafry.

Sebagaimana diberitakan Firstpost, ia mengklaim Pakistan merupakan pemilik sah dari berlian Kohinoor. Ia juga menuduh Inggris mengambil dan mencuri berlian tersebut. (CNNIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.