Selasa, 19 Oktober 21

INDESO Siap Dongkrak Daya Saing Kelautan Indonesia

INDESO Siap Dongkrak Daya Saing Kelautan Indonesia

Jakarta, Obsessionnews – Pada peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Menteri Susi Pudjiastuti menyatakan siap mengoperasikan proyek pengembangan infrastruktur oseanografi berbasis teknologi satelit.

Teknologi satelit tersebut, juga dikenal sebagai INDESO yang mulai diimplementasikan sejak tahun 2012 lalu guna memantau perairan Indonesia.

Infrastruktur INDESO sendiri, merupakan inovasi KKP yang menggerakkan revolusi ilmu pengetahuan kelautan regional. Proyek tersebut, hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan Perancis dan menjadi inovasi teknologi pertama di tanah air yang mengadopsi operasional oseanografi.

Susi bilang, INDESO menjadi paradigma baru dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia agar berdaya saing dan berkelanjutan.

“INDESO merupakan program yang didesain untuk memantau kondisi perairan Indonesia termasuk biogeokimia dan ekosistem dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam pengimplementasiannya,” kata Susi. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.