Sabtu, 20 April 24

Indeks Kepuasan Jemaah Diumumkan Sebulan Setelah Penyelenggaraan Haji

Indeks Kepuasan Jemaah Diumumkan Sebulan Setelah Penyelenggaraan Haji
* Sejumlah jemaah Indonesia tampak akrab dengan pengurus muassasah Asia Tenggara di kawasan Rei Bakhsy, Makkah. (Foto: Kemenag).

Makkah, Obsessionnews.com –  Badan Pusat Statistik (BPS) masih terus menyurvei Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI). Sudah 80 persen jemaah haji di Makkah dan 45 persen jemaah haji di Madinah yang mengisi kuisioner IKJHI  tersebut.

Koordinator Tim Survei BPS Edi Prawoto mengatakan kepada tim Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Makkah, survey IKJHI akan terus dilakukan sampai seluruh jemaah haji telah meninggalkan Tanah Suci.

“Masih berlangsung. Pengumuman sebulan setelah penyelenggaraan haji ini selesai,” ujar Edi kepada MCH di Wisma Haji ‘Al Mabrur’ Syisyah, Makkah, Kamis (6/9), seperti dikutip Obsessionnews.com dari situs Kementerian Agama.

Ia menjelaskan banyak jemaah haji Indonesia antusias mengisi kuisioner yang diberikan BPS.

Alur survei yang dilakukan BPS sebagai berikut: Pertama, jemaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing. Kedua, kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada. Ketiga, kuosioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu. Dan keempat, ketua regu memasukkan kuosioner yang telah diisi ke dalam amplop besar.

Lalu kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter, dan terakhir keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memang menargetkan IKJHI tahun 2018 ini bisa meningkat di angka 85 persen. Tahun 2017 lalu IKJHI menyentuh angka 84,85 persen naik dari tahun sebelumnya, 2016 yakni 83,83 persen.(red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.