Sabtu, 20 April 24

Indahnya Sebuah Tanggung Jawab

Oleh: Ary Ginanjar AgustianMotivator dan Pendiri ESQ Leadership Center

 

Setiap manusia dilahirkan dengan tanggung jawab sesuai dengan porsinya. Tanggung jawab didefinisikan sebagai sebuah sikap ataupun tindakan seseorang dalam mengemban amanah dengan penuh rasa cinta.

Seseorang yang bertanggung jawab adalah seseorang yang menerima dengan baik setiap tugas dan kewajiban yang diemban. Sering kali tanggung jawab diidentikan dengan sesuatu hal yang berat. Sehingga banyak orang yang melepaskan tanggung jawab itu begitu saja.

Saat ini, banyak orang yang seakan “lempar batu sembunyi tangan”. Itu merupakan ciri-ciri orang yang tak mau bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya. Rasa tanggung jawab ada bukan karena bawaan lahir. Tetapi hal itu muncul karena adanya sebuah pilihan sikap. Namun, yang sangat disayangkan,  tanggung jawab tak dipupuk sejak dini.
.
Sikap tanggung jawab sangat diperlukan dalam hidup. Ketika seseorang tidak menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, apa yang akan terjadi? Kehancuran bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Ada orang-orang yang ikut dirugikan dari ketidaktanggungjawaban kita akan sesuatu hal.

Sikap tanggung jawab senantiasa menghadirkan rasa kagum dan haru. Sifat Allah ini merupakan suara hati manusia. Bagaimana menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam hidup? Simak tipsnya di bawah ini.

#1 FOKUS
Fokus, adalah salah satu hal yang wajib Anda terapkan. Sebisa mungkin, ketika kita sudah punya rencana yang tersusun rapi untuk mengerjakan sesuatu, usahakan lakukan apa yang sudah Anda rencanakan sesuai dengan jadwal. Teruslah untuk fokus sampai pekerjaan itu selesai.

#2 KONSISTEN
Setelah kita fokus, konsistenlah dengan apa yang sudah kita rencanakan. Jika kita tidak fokus, sulit untuk kita menuju konsistensi sebuah pekerjaan. Selain fokus, Anda pun harus berkomitmn pada diri Anda sendiri untuk terus konsisten melakukan pekerjaan yang telah Anda susun.

#3 JANGAN TUNDA PEKERJAAN
Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah biasakan diri anda untuk tidak menunda-nunda pekerjaan yang telah Anda susun. Semakin cepat Anda bekerja, Anda akan lebih mempunyai waktu luang.

Dengan mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu, Anda pun akan lebih mudah dan cepat mencapai tujuan yang Anda inginkan dari pekerjaanmu.

#4 KURANGI MENGELUH
Poin yang terakhir. Poin ini juga tak kalah penting. Kurangi keluhan di saat Anda mengerjakan pekerjaan. Menjalani tanggung jawab atas apa yang Anda pilih tidak perlu disertai dengan drama yang semakin membuat Anda berat. Dengan bersikap ikhlas dalam menjalankan sebuah tanggung jawab, akan mempermudah langkah Anda untuk menggapai impian.

Semoga hal apapun yang saya bagikan di sini bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca. Dan Anda pun boleh membagikan postingan ini ke rekan-rekan Anda. Kita pupuk rasa tanggung jawab dengan belajar memperbaiki diri. Sukses selalu untuk Anda. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.