Kamis, 29 September 22

IMW Sesalkan Gerindra Tempatkan Kardaya Sebagai Ketua Komisi VII DPR

IMW Sesalkan Gerindra Tempatkan Kardaya Sebagai Ketua Komisi VII DPR

Jakarta – Indonesia Migas Watch (IMW) menyayangkan Partai Gerindra menempatkan Kardaya Warnika sebagai Ketua Komisi VII DPR RI yang membidagi masalah energi sumber daya mineral (ESDM). Pasalnya, Kardaya yang mantan Kepala BP Migas di era Presiden SBY diduga justru menyuburkan praktek-praktek mafia migas yang telah merugikan negara triliunan rupiah.

“Pratek korupsi dan sogok meyogok terkait cost recovery Kontrak Karya Migas juga marak di jaman Kardaya. dan ini sesuai dengan pengakuan petinggi Kernel Oil yang tertangkap basah saat melakukan gratifikasi kepada Rudy Rubiandini selaku kepala SKK Migas,” ungkap Koordinator IMW, Tri Widodo, dalam pesan BBM-nya kepada Obsession News, Kamis malam (16/10/2014).

Karena fungsi Komisi VII DPR secara khusus sangat berperan aktif dalam mengawasi jumlah cost recovery yang harus dibayarkan oleh pemerintah  agar tidak dimark-up apalagi dikorupsi, tentu saja hal ini menjadi sangat penting posisi Ketua Komisi yang membidangI ESDM tersebut harus dipimpin oleh seorang yang bersih dan tidak bersentuhan dengan dengan para mafia migas.

“Sebab, praktek mafia migas jika ingin diberantas juga menjadi tanggung jawab DPR baik dari sisi Undang Undang (UU) yang akan dibuat agar mempersulit praktek mafia migas, serta besaran alokasi APBN yang akan digunakan untuk subsidi BBM agar lebih efisien dan tepat sasaran tetapi tidak diselundupka ke luar negeri,” tegas Koordinator IMW.

Oleh karena itu, lanjutnya, Indonesia Migas Watch mendesak Partai Gerindra agar tidak memilih Kardaya Warnika menjadi Ketua Komisi VII DPR RI. “Hal ini sebagai komitmen Partai Gerindra untuk memberantas mafia migas,” tandas Tri Widodo. (Ars)

 

Related posts