Selasa, 30 November 21

Impor Turun Juga Perlu Diwaspadai

Impor Turun Juga Perlu Diwaspadai
* ilustrasi

Jakarta, Obsessionnews – Surplusnya nilai ekspor sebesar 13% pada kuartal I tahun 2015 belum tentu menjadi kabar menggembirakan bagi perekonomian Indonesia. Namun, menurunnya impor bahan baku untuk kebutuhan produksi di dalam negeri sebesar 6% juga belum tentu merupakan berita baik.

Wahyu Perdana Santosa, direktur riset keuangan Capital Price kepada obsessionnews.com mengatakan, penurunan impor bahan baku untuk kepentingan produksi juga perlu diwaspadai. Menurut dia, kalau ini terus terjadi dalam waktu tiga hingga enam bulan ke depan, maka industri di dalam negeri juga akan menurunkan produksinya.

Akibatnya mudah ditebak. Menurut dia, besar kemungkinan perusahaan atau industri juga bakal mengurangi jumlah pekerjanya.

Lantas bagaimana caranya agar hal itu tidak terjadi ? Tidak ada jalan selain mengendalikan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

“Surplus ekspor sebesar 13% belum tentu berdampak signifikan. Ekonomi AS mulai pulih, harusnya diimbangi dengan penguatan ekonomi RI,” kata dia. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.