Sabtu, 18 September 21

IMF Restui Mata Uang Yuan Masuk SDR

IMF Restui Mata Uang Yuan Masuk SDR

Jakarta, Obsessionnews – International Monetary Fund (IMF) akhirnya merestui masuknya mata uang yuan milik Cina ke dalam Special Drawing Righst (SDR) setelah menggelar pertemuan pada Senin (30/11) di Washington, Amerika Serikat.

Masuknya Yuan ke dalam SDR setelah upaya keras Beijing untuk mendapat pengakuan sebagai kekuatan ekonomi global.

Keputusan memasukkan yuan ke dalam SDR bersama dolar AS, euro, poundsterling dan yen Jepang, menjadi tonggak penting integrasi Cina ke dalam sektor keuangan dunia. Langkah ini, juga merupakan pengakuan terhadap kemajuan yang dilakukan dalam upaya reformasi di Cina.

Reuters mengabarkan, guna memenuhi persyaratan, Cina sebelumnya menggelar serangkaian reformasi dalam beberapa bulan seperti akses bagi warga asing masuk ke dalam pasar mata uang yuan serta memperpanjang perdagangannya.

Managing Director IMF Christine Lagarde mengatakan kalau Cina akan terus menggelar reformasi. Keputusan memasukkan yuan ke dalam SDR pun menjadi indikasi nyata dari segala perubahan yang sudah dijalankan dan terus diterapkan.

Menanggapi keputusan IMF, Bank Sentral Cina menyatakan kalau langkah ini memperlihatkan masyarakat internasional memandang Cina akan memainkan peran besar dalam ekonomi dunia.

“China akan terus memperluas dan mempercepat reformasi ekonomi dan pembukaan sektor keuangan, serta berperan serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dunia, menjaga stabilitas keuangan dan memperbaiki tata kelola ekonomi gelobal,” kata pernyataan tertulis Bank Sentral China seperti dikutip Reuters.

Keputusan IMF melalui perundingan di Washington AS diambil dengan suara bulan. Dan yuan, bakal punya bagian 10,92 persen seperti diprediksi sebelumnya setelah mengkaji rumusan besaran hingga mengurangi bagian euro lebih dari enam persen, dari 37,4 persen menjadi 30,93 persen.

Syarat Masuk SDR
Agar yuan bisa masuk ke dalam SDR, persyaratan berupa bebas digunakan atau digunakan secara luas dalam pembayaran internasional serta diperdagangkan di pasar valuta asing luar negeri, harus dipenuhi.

Syarat ini, pernah gagal dipenuhi pada tahun 2010 lalu. Dan memasukkan yuan ke dalam SDR mulai Oktober 2016 merupakan langkah simbolis yang bakal diikuti penerapannya di pasar finansial.

Langkah IMF memasukkan yuan ke dalam SDR, menentukan mata uang yang akan diterima negara-negara peminjam dana. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.