Rabu, 5 Agustus 20

Imam Masjid New York Dakwah Keliling Eropa

Imam Masjid New York Dakwah Keliling Eropa
* Imam Shamsi Ali

Imam Shamsi Ali, warga Indonesia yang menjadi Imam Masjid di New York, Amerika Serikat, segera melakukan tour pengajian/dakwah keliling Eropa.

Shamsi Ali berangkat dari New York pada 8 Februari 2020 menuju Frankfut (Jerman), kemudian dilanjutkan ke Koln, Bonn, Berlinm, lalu ke Utrecht (Belanda), Brussel (Berlgia), Wiena dan Salzburg (Austria), Slovakia, Hamburg, Beograd, Negara Balkan, dan lainnya, hingga kembali lagi ke New York pada 23 Februari 2020.

“Insya Allah dengan izin Allah SWT, saya akan tour di beberapa negara Eropa February mendatang. Tema yang diusung kali ini adalah: An Indonesian on Peace Mission to Europe,” ujar Shamsi Ali.

“ Mohon doanya. Ini usaha kecil kami untuk mengenalkan Islam yang rahmatan lil-alamin, khususnya dalam karakter sosial keindonesiaan kita,” tambahnya.

Shamsi juga memohon doa dan dukungannya bagi kesuksesan pendirian Pondok pesantren yang dipimpinannya di Amerika. “Semoga langkah juang ini menjadi salah satu benih dan pilar kebangkitan peradaban Islam di Barat,” ucap Imam Masjid New York ini.

Adapun kegiatan pengajian/dakwah keliling Eropa yang dilakukan Shamsi Ali tersebut meliputi antara lain pengajian di IMB Bonn Jerman, mengisi public lecture di Bonn University, kajian alternatif di Masjid Al Falah Berlin (Jerman), mengisi khutbah/ceramah di Utrecht (Belanda), pengajian di Belanda, pengajian di Brussel (Belgia), dakwah di Austria, kajian di Slovakia, bedah buku dan dialog Dr Shamsi Ali di Universitas Hamburg, pengajian akbar di Hamburg, pengajian di Beograd, kegiatan di Kosovo dan Bosnia. (Red)

Muhammad Syamsi Ali, biasa dipanggil Syamsi Ali atau dieja Shamsi Ali dalam bahasa Inggris, (lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 5 Oktober 1967) adalah imam di Islamic Center of New York dan direktur Jamaica Muslim Center, sebuah yayasan dan masjid di kawasan timur New York, Amerika Serikat, yang dikelola komunitas muslim asal Asia Selatan. Syamsi Ali aktif dalam kegiatan dakwah Islam dan komunikasi antaragama di Amerika Serikat (terutama pantai timur).[1]

Setelah menyelesaikan SD di Desa Lembanna, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, oleh orang tuanya ia dimasukkan ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul-Arqam Makassar. Setelah tamat dari pesantren 1987, Syamsi Ali mengabdikan diri sebagai staf pengajar di almamaternya hingga akhir 1988. Ia mendapat tawaran beasiswa dari Rabithah Alam Islami untuk melanjutkan studi ke Universitas Islam Internasional, Islamabad, Pakistan.

Jenjang S1 dalam bidang Tafsir diselesaikan tahun 1992 dan dilanjutkan pada universitas yang sama dan menyelesaikan jenjang S2 dalam bidang Perbandingan Agama pada tahun 1994. Selama studi S2 di Pakistan, Syamsi Ali juga bekerja sebagai staf pengajar pada sekolah Saudi Red Crescent Society di Islamabad. Dari sekolah itulah kemudian mendapat tawaran untuk mengajar pada The Islamic Education Foundation, Jeddah, Arab Saudi pada awal tahun 1995.

Pada musim haji tahun 1996, Syamsi Ali mendapat amanah untuk berceramah di Konsulat Jenderal RI Jeddah di Arab Saudi. Dari sanalah bertemu dengan beberapa jamaah haji luar negeri, termasuk Dubes RI untuk PBB, yang sekaligus menawarkan kepadanya untuk datang ke New York, Amerika Serikat. Tawaran ini kemudian diterima Syamsi Ali dan ia pindah ke New York pada awal tahun 1997. (*/Red/Wik)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.