Jumat, 20 Mei 22

Ikuti Era Digital Peruri Rajin Menang Tender

Ikuti Era Digital Peruri Rajin Menang Tender
* Konferensi pers laporan kinerja Peruri 2015 di Jakarta, Kamis (1/4/2016).

Jakarta, Obsessionnews – Demi mengikuti perkembangan era digital, Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) memfinalisasi Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) sebagai acuan strategi dalam lima tahun mendatang yang kini hasilnya memuaskan.

Dalam rangka meraih cita-cita menjadi perusahaan berkelas dunia dan kompetitif di global market, kini Peruri mulai melakukan peralihan teknologi dari konvensional ke digital. Bukan hanya alat produksi saja yang menjadi fokus perusahaan dalam peralihan teknologi ini, Peruri juga memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang digital security, yaitu Peruri Digital Security (PDS).

Meskipun belum berkembang signifikan, kinerja PDS mulai menunjukkan kinerja positif, antara lain bekerja sama dengan PT Pelayanan Nasional Indonesia (Pelni) untuk pembuatan sistem yang meliputi reservation, booking ticket, claim baggage dan payment online pada New Pelni Ticketing System.

“Mengingat Peruri memiliki kemampuan dalam hal security document & system maka harapannya ke depan, anak perusahaan ini dapat ikut menyemarakkan cashless society dengan cara mengembangkan authentication system dan pengamanan transaksi pembayaran seperti e-payment,” kata Direktur Utama Peruri Prasetio dalam konferensi pers laporan kinerja Peruri 2015 di Jakarta, Kamis (1/4/2016).

Selain itu, visi menuju perusahaan kelas dunia di bidang security printing & system, Saat ini Peruri tengah berusaha mencapai target sesuai dengan perkembangan era digital. Keberhasilan usaha tersebut dapat dibuktikan pada tahun 2015 lalu, yakni memenangkan tender pencetakan prangko edisi Philippine Fruits yang diterbitkan oleh Philippines Postal Corporataion sebanyak 32.800.000 keping dengan total nilai sebesar 5.660.125,44 Peso.

Tak hanya itu, Peruri juga memenangkan tender pencetakan uang kertas negara Nepal pecahan Rs 50 yang diterbitkan oleh Nepal Rastra Bank (NRB). Kerja sama antara Peruri dengan NRB meliputi designing, printing and supply of 240 million pieces of Rupees 50 denomination Nepalese Paper Banknote.

Bahkan, Diforum antar negara, pada 2015 Peruri dipercaya menjadi tuan rumah dalam 2 (dua) penyelenggaraan event bertaraf internasional, Pertama, The Technical Meeting of Mints in ASEAN (TEMAN) pada 7 – 13 Juni 2015 di Jakarta dan Yogyakarta. TEMAN merupakan forum sarana pertukaran informasi dan pengetahuan meliputi produksi uang logam, pengendalian kualitas, sistem pengemasan dan distribusi, peralatan dan permesinan serta praktek-praktek manajemen secara umum yang beranggotakan seluruh negara ASEAN;

Kedua, High Security Printing (HSP) Conference Asia pada 7-10 Desember 2015 di Jakarta. HSP sendirii merupakan forum diskusi regional sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi, khususnya tentang teknologi keamanan pencetakan dokumen seperti uang kertas, pita cukai, paspor, visa, identitas pribadi, dokumen kendaraan dan lisensi.

Pada penyelenggaraan tahun lalu HSP dihadiri 260 peserta dari 27 negara yang terdiri dari 71 perusahaan di bidang pencetakan dokumen sekuriti dan beberapa bank sentral.

“Bagi Peruri, forum tersebut sangat penting untuk menambah pengalaman, wawasan dan tukar informasi tentang perkembangan teknologi dan manajemen yang berjalan di negara-negara lain, sekaligus membuat jejaring untuk memperluas pasar”,Pungkasnya. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.