Minggu, 24 Oktober 21

IKIP Dihidupkan Kembali

IKIP Dihidupkan Kembali
* Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir peresmian kolam renang dan laboratorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (6/3).

Padang, Obsessionnews – Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi akan menghidupkan kembali (merevitalisasi) perguruan tinggi yang dulu bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP).

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, menghidupkan kembali perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pengajar bukan berarti kembali kepada konsep IKIP. Mutu perguruan tinggi dimaksud ditingkatkan sesuai dengan konsep kekinian, sehingga kualitas lulusannya lebih baik.

“Konsepnya adalah ingin merevitalisasi program studi yang dulu ada IKIP ditingkatkan kembali,” ujar Muhammad kepada wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan gedung dan penandatanganan prasasti peresmian kolam renang dan  laboratorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (6/3).

Salah satu tujuan revitalisasi dilakukan agar lulusan dari perguruan tinggi yang mencetak guru diuji apakah baik atau tidak.

Nasir mengatakan, revitalisasi perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pengajar bukan kembali ke konsep lama pada saat IKIP, akan tetapi berupaya lebih ditingkatkan.

Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi tengah menginventarisir 12 perguruan tinggi di Indonesia yang menjalankan program studi penyiapan guru. Mutu ke-12 perguruan tinggi tersebut akan ditingkatkan dengan membangun sarana dan prasarananya. Salah satu di antaranya Universitas Negeri Padang.  (Musthafa Ritonga)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.