Senin, 22 Juli 19

Ikan Asin Mana yang Anda Suka?

Ikan Asin Mana yang Anda Suka?
* Macam-macam ikan asin. (Foto: gulalives)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kalau Anda menyantap nasi, sayur asem, sambel, dan lalapan tak lengkap rasanya kalau tak pakai ikan asin.

Rasanya yang asin dan gurih pekat kalau berpadu dengan pedasnya sambal dan segarnya rasa sayur asem membuat makanan yang disantap menjadi sangat nikmat.

Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam.

Untuk jenis ikan asin di Indonesia sendiri jenisnya banyak sekali, bahkan banyak sekali dijual di pasar. Tahukah Anda jenis-jenis ikan asin yang dijual di pasar? Kalau ingin tahu, kami akan ulas sedikit jenis-jenis ikan asin.

1. Ikan Asin Peda 

kalau ikan asin yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ikan asin peda ini merupakan olahan ikan asin setengah kering. Harga ikan ini juga tidak terlalu mahal. Ikan asin peda ini biasanya enak diolah menjadi pepes.

2. Ikan Asin Jambal Roti

Jenis ikan asin ini merupakan primadonanya ikan asin. Paling terkenal di Indonesia. Meskipun harganya mahal, tapi ikan jambal roti ini tetap digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena bentuknya yang tebal seperti roti dan rasanya yang super gurih (asin).

Ternyata harganya yang mahal ini, disebabkan oleh dua perpaduan alasan, yaitu permintaan yang tinggi dan bahan bakunya yang terbatas. Bahan bakunya pun harus spesifik yaitu ikan manyung dan kadukang.

Jika sedang malas masak, Anda cukup goreng ikan asin ini dengan potongan dadu kecil, sajikan bersama nasi panas, sayur asem, dan sambal kesukaan Anda.

3. Ikan Asin Gabus

Ikan asin yang satu ini cukup digemari di Indonesia, karena citarasa dagingnya yang lezat dan khas. Kelebihan lain dari ikan asin ini adalah relatif bersih.

Kenapa? Karena sebelum diasinkan, ikan gabus dibelah dan dibersihkan dari sisik, insang, dan isi perutnya. Makanya, harga ikan asin gabus ini sedikit mahal.

Untuk olahan yang paling populer dari ikan gabus yang diasinkan adalah sambel goreng ikan asin gabus, ikan asin gabus balado, dan ikan asin gabus cabe hijau.

4. Ikan Asin Teri Jengki

Ternyata ikan asin inilah yang sering dipakai untuk sambal goreng teri kacang. Perpaduan antara sambal, teri, dan kacang ini dapat membuat selera makan kita tumbuh tinggi.

Ikan asin ini sungguh merakyat karena harganya yang sangat murah dan banyak ditemukan di mana-mana. Selain murah ternyata nilai gizinya cukup tinggi, karena akan kandungan kalsium dan fosfornya, sebab ikan ini dikonsumsi lengkap bersama tulang dan kepalanya.

5. Ikan Asin Bulu Ayam 

Ikan Asin Bulu Ayam ini terbuat dari ikan asin bulu ayam berkualitas, rasa gurih dan tidak terlalu asin. Ikan Asin Bulu Ayam bisa dijadikan teman lauk pauk untuk sayur Asem.

Ikan ini nikmat disajikan dengan cara ditumis, chrispy, balado, sambal cabai hijau, goreng tepung dan lain-lain. Ikan asin ini tanpa bahan pengawet berbahaya dan kuat disimpan lama hingga kurang lebih 1 bulanan.

Nah, pastivtahu dong! Nama-nama yang telah kami ulas di atas ini? Ikan asin ini sering kali Anda jumpai di pasar. Kira-kira ikan asin apa ya yang Anda sukai? Silahkan Anda coba. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.