Sabtu, 6 Maret 21

IHW Imbau Umat Islam Masuk Restoran yang Bersertifikat Halal

IHW Imbau Umat Islam Masuk Restoran yang Bersertifikat Halal
* Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW) Ikhsan Abdullah. (foto: Kapoy/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Indonesia Halal Watch (IHW) menggelar acara silaturahim, buka puasa bersama media, dan diskusi yang bertema ‘Nikmatnya Bulan Suci Ramadhan dengan Produk Halal’ di salah satu restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Dalam acara tersebut IHW mengimbau kepada umat Islam yang tidak sempat berbuka puasa di rumah dan harus berbuka puasa diluar agar berbuka puasa di restaurant dan outlet yang telah bersertifikat halal.

Hal ini dilakukan dalam rangka ikut mengedukasi dan mensosialisasikan sistem jaminan halal sesuai amanat Undang-Undang No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

“Jangan masuk restoran yang tidak bersertifikasi halal,” ujar Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah dalam diskusi ‘Nikmatnya Bulan Suci Ramadhan dengan Produk Halal’.

Dia menyampaikan, ada salah satu restoran di bilangan Senayan, Jakarta Selatan yang tidak mau memakai sertifikasi halal. “Ada restoran yang tidak mau bersertifikasi halal, Sate Senayan, sudah lima kali kita surat, tapi tidak di respon” tegas Ikhsan.

Menurut dia, jika pelaku usaha semua mengenakan sertifikasi halal, maka produk yang dikonsumsi oleh konsumen terlihat jelas. “Sehingga konsumen tidak ragu untuk mengkonsumsi,” ungkap Ikhsan.

Namun dia menyayangkan ketidaksiapan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam melaksanakan amanat UU JPH, sehingga memunculkan kegamangan bagi pelaku usaha terkait ke mana otoritas yang sah untuk mendaftarkan sertifikasi halal.

Untuk itu, dalam rangka melaksanakan UU JPH, IHW menyerukan konsumen untuk menghindari makanan di luar yang tidak bersetifikat halal.

“Kalau di Bali jelas tertulis 100% haram, ini mah haram ngga, halal ngga, kan ga jelas,” tegas Ikhsan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.