Kamis, 7 Juli 22

IHSG Terus Bergolak, Hindari Sektor Perbankan dan Industri!

IHSG Terus Bergolak, Hindari Sektor Perbankan dan Industri!
* David Setyanto.

Jakarta, Obsessionnews – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memerah menutup pekan lalu pasca reli tiga hari. Indeks ditutup terkoreksi 0,87 persen atau 41,607 poin ke level 4.761,715.

Koreksi tersebut ditopang oleh seluruh sektor, terutama sektor industri dasar. Sektor agrikultur dan manufaktur juga mengalami penurunan yang signifikan. Asing juga kembali melakukan aksi jual dengan net sell sebesar 341 miliar.

Menurut pengamat pasar modal dari First Asia Capital, David Setyanto, minimnya sentimen positif dan banyaknya sentimen negatif seperti perlambatan ekonomi, defisit neraca berjalan dan penurunan kinerja sejumlah emiten menyebabkan aksi jual pada akhir pekan lalu.

“Data dari Asia juga menunjukkan hal yang sama. Investasi, produksi pabrik dan penjualan ritel China pada bulan April tumbuh lebih lambat dari yang diharapkan,” katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Obsessionnews.com, Senin (16/5/2016)

Ia melanjutkan, pertumbuhan produksi pabrik sebesar 6 persen dari ekspektasi sebesar 6,5 persen, investasi produk hanya sebesar 10,5 persen dari ekspektasi sebesar 10,9 persen.

Sementara itu penjualan ritel juga hanya meningkat sebesar 10,1 persen dari ekspektasi sebesar 10,5 persen. Hal ini menambah keraguan tentang stabilitas ekonomi Tiongkok.

Selain itu bursa Amerika Serikat menutup perdagangan pada Jakhir pekan lalu dengan sejumlah koreksi pelemahan.

“Penurunan harga minyak menjadi salah satu penyebab terpukulnya sejumlah saham. Indeks S&P 500 terkoreksi 17.50 poin atau 0.8 persen menjadi 2.046.61, indeks Dow Jones Industrial turun 185,8 poin atau 1 persen menjadi 17.535.32, Nasdaq Composite tergelincir 19,66 atau 0,4 persen ke 4.717.68,” Katanya.

Dengan beragam sentimen negatif tersebut IHSG pada awal pekan ini akan menerima cukup banyak tekanan.

Selama akhir pekan beberapa emiten juga merilis data laporan keuangan yang tidak mencapai target sehingga menyebabkan IHSG akan menguji support di 4728.

“Hindari sektor perbankan dan industri dasar yang mencatatkan kinerja kurang memuaskan pada Q1 2016,” tutupnya. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.