Sabtu, 4 Desember 21

IHSG Kemarin Tutup di Posisi Terendah Sejak Dua Pekan Lalu

IHSG Kemarin Tutup di Posisi Terendah Sejak Dua Pekan Lalu

Jakarta,  Obsessionnews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan ini melanjutkan koreksinya yang disebabkan meningkatnya risiko pasar saham global, dan minimnya insentif dari domestik.

Menurut pengamat pasar modal, David Sutyanto, IHSG ditutup koreksi 68,067 poin (1,25 persen) di 5370,764. Ini merupakan posisi penutupan IHSG terendah dalam dua pekan terakhir, sejak perdagangan 16 Agustus 2016.

“Pelaku pasar dikhawatirkan dengan risiko pembalikan arus dana asing menyusul menguatnya kemungkinan kenaikan tingkat bunga di AS pada pertemuan The Fed September mendatang,” kata David melalui keterangan tulisnya,  Selasa (30/6/2016).

Sementara itu untuk nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kemarin sempat melemah 0,25 persen di Rp13275.

Sedangkan pada sisi perdagangan kemarin nilai transaksi di Pasar Reguler menyusut menjadi Rp4,87 triliun dibandingkan rata-rata harian selama pekan kemarin sebesar Rp5,36 triliun.

“Pemodal asing pada perdagangan kemarin cenderung keluar dari pasar tercermin dari penjualan bersih mencapai Rp151,40 miliar. Seluruh saham sektoral mengalami tekanan jual,” ungkapnya.

David menuturkan koreksi IHSG kemarin sejalan dengan koreksi yang umumnya terjadi di pasar saham emerging market, sebagaimana tercermin dari indeks saham The MSCI Emerging Market kemarin yang koreksi 0,6 persen.  (@aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.