Senin, 29 November 21

IHSG Dibuka Menguat Tipis

Jakarta, Obsessionnews – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) menguat 52,31 atau 0,96 persen menjadi 5.490,97 pada pembukaan pasar Selasa.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak menguat 13,29 poin (1,40 persen) menjadi 959,75.

“Akumulasi sentimen positif dari dalam dan luar negeri menjadi katalis positif bagi IHSG untuk menguat pada perdagangan saham hari ini,” kata Kepala Riset Valbury Asia Securities Alfiansyah, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan katalis positif dari dalam negeri antara lain laporan laba perusahaan yang cenderung tumbuh sehingga mendorong pelaku pasar kembali melakukan akumulasi saham.

Dari eksternal, lanjut dia, munculnya sinyal bahwa bank sentral Amerika Serikat kemungkinan belum akan menaikkan suku bunga acuan pada pertengahan tahun menjadi salah satu pendorong bursa saham Amerika Serikat dan berdampak ke Asia, termasuk Indonesia.

Ia menambahkan rencana pemerintah Tiongkok menghindarkan perekonomian dari deflasi dengan mengeluarkan banyak anggaran untuk infrastruktur dan melonggarkan kebijakan moneter akan berdampak positif terhadap perekonomian global sehingga berdampak baik pada pasar saham.

“Sentimen Tiongkok itu mengabaikan masalah utang Yunani dengan para kreditur internasionalnya guna mendapat bantuan keuangan untuk menghindari krisis likuiditas,” katanya.

Di bursa regional, indeks Hang Seng menguat 75,31 poin (0,30 persen) ke 24.930,43; indeks Bursa Nikkei naik 49,62 poin (0,26 persen) ke 19.459,06; dan Straits Times melemah 9,26 poin (0,24 persen) ke posisi 3.446,96.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.