Jumat, 17 September 21

IHSG Dibuka Menguat 13,36 Poin

IHSG Dibuka Menguat 13,36 Poin

Jakarta, Obsessionnews Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat dibuka menguat sebesar 13,36 poin seiring dengan bursa saham global yang kembali bergerak di area positf.

IHSG naik 13,36 poin atau 0,27 persen menjadi 4.958,86. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 3,41 poin (0,40 persen) menjadi 853,99. (Baca juga: IHSG Ditutup Masih Merah)

“Bursa saham global yang bergerak positif memberikan apresiasi atas indeks BEI pada awal perdagangan saham hari ini,” kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, salah satu faktor positif yang menopang bursa saham global yakni belum akan dinaikannya suku bunga Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Kendati demikian, lanjut dia, beberapa sentimen eksternal lainnya masih membayangi pergerakan bursa saham global termasuk indeks BEI, yaitu Yunani yang berpotensi gagal bayar utang, ekonomi Tiongkok yang terus melemah, dan turunnya perdagangan antar negara terutama di negara-negara berkembang.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya menambahkan laju indeks BEI yang menguat pada awal perdagangan di akhir pekan ini, Jumat, menunjukan pola tekanan yang sempat terjadi pada beberapa hari terakhir ini mulai mereda.

“Dana asing ke pasar saham terlihat mulai kembali masuk meski tidak signifikan, ruang untuk akumulasi beli bagi investor jangka panjang juga masih terbuka lebar sehingga potensi untuk kembali mengalami kenaikan cukup terlihat jelas,” katanya. (ant)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.