Senin, 30 Maret 20

Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI

Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI
* Ignasius Jonan: Sutanto/Istimewa

“Saya meyakini bahwa memimpin itu targetnya adalah hasil yang jelas, realisasi visi dan misinya, bukan soal popularitasnya”.

Kalimat yang diutarakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan itu sarat menandakan kepribadiannya yang dalam. Sosok Jonan memang sudah ditakdirkan menjadi seorang pemimpin. Namun, orientasi kepemimpinan yang ia bangun selama ini lebih mengutamakan kepada hasil kinerja, bukan hanya sekadar popularitas.Ini terbukti, di mana pun ia ditempatkan, Jonan tetaplah Jonan, ia selalu bisa memberikan karya terbaik dari setiap tugas yang diamanatkan, termasuk menjadi Menteri ESDM di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kini, memasuki masa akhir tugasnya sebagai Menteri ESDM di Kabinet Kerja Jilid I, fokus Jonan tetap pada penyelesaian tugasnya. Ia ingin setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya bisa dituntaskan sesuai target. Atau paling tidak, ia berupaya memberikan dasar pijakan yang baik dalam pengelolaam energi dan sumber daya mineral bagi generasi penerusnya. Sebab, mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini sadar bahwa salah satu kekayaan terbesar Indonesia yang perlu dijaga dan dikelola dengan baik untuk kepentingan rakyat adalah di sektor energi dan sumber daya mineral. Bahkan, penyumbang devisa terbesar negara nomor satu masih dari sektor tersebut.

Jonan kerap menekankan untuk mempercepat tujuan pembangunan sektor ESDM sebagaimana amanat Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 maka diperlukan kerja keras dan integritas yang tinggi serta kolaborasi yang baik antara para stakeholder dan pemerintah. Perlahan upaya itu terus direalisasikannya. Pemerintah kini tengah menggalakkan kebijakan yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, seperti BBM Satu Harga, pembagian konverter kit LPG untuk nelayan kecil, pembangunan jaringan gas kota, pengeboran air bersih hingga Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

“Uang rakyat kembali ke rakyat,” itulah slogan yang kerap diutarakan Jonan dalam mengelola ESDM.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.