Minggu, 19 September 21

ICW: Tindakan Fahri Ilegal dan Sewenang-wenang

ICW: Tindakan Fahri Ilegal dan Sewenang-wenang

Jakarta, Obsessionnews.com – Sikap Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang memutuskan menyetujui penggunaan hak angket dalam sidang paripurna Jumat (28 /4/2017), dinilai sebagai tindakan ilegal dan penuh kewenangan-wenangan.

“Tindakan wakil ketua DPR yang memutuskan sepihak tanpa adanya persetujuan anggota, merupakan tindakan ilegal dan sewenang-wenang,” ujar Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter.

Menurutnya, Fahri tidak bisa memutuskan secara sepihak. Sebab banyak anggota DPR yang sama-sama punya hak untuk menolak penggunaan hak angket.

Mestinya, kata dia, sebagai pimpinan Fahri mau mendengarkan sejumlah anggota yang punya pandangan lain , bukan memaksa kehendak.

“Kewenangan pengambilan keputusan bukanlah hak pimpinan, melainkan pada anggota,” kata Lalola.

Seperti diberitakan, hari ini Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam rapat paripurna DPR menyetujui penggunaan hak angket terkait pelaksanaan tugas KPK seperti diatur dalam UU No 30 tahun 2002 tentang KPK. Meski ada tiga fraksi yang menolak yaitu Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Demokrat dan Fraksi PKB.

Hak angket itu terkait desakan DPR meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membuka rekaman penyidikan anggota DPR dari Fraksi Hanura Miryam S. Haryani. Miryam ditetapkan sebagai tersangka karena disebut telah memberikan keterangan palsu dalam penyelidikan kasus korupsi e-KTP. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.