Selasa, 19 Oktober 21

ICW Curigai Ruki Jadi Tameng Kasus Polisi

ICW Curigai Ruki Jadi Tameng Kasus Polisi

Jakarta, Obsessionnews – Indonesia Corruption Watch (ICW mempertanyakan masuknya Irjen Pol (Purn) Taufiqurrahman Ruki sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum bebas dari konflik kepentingan. Jabatan-jabatan lama yang dipegang oleh Ruki dinilai sebagai penyebabnya.

Oleh karena itu, ICW meminta purnawirawan jenderal polisi bintang dua itu untuk tidak ikut menangani kasus-kasus KPK yang bertalian dengan pihak Kepolisian. “Pak Ruki juga pernah di kepolisian. Artinya apa untuk isu-isu yang berkaitan dengan Kepolisian pak Ruki tidak dalam posisi mengambil keputusan,” ungkap Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW, Emerson Juntho dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (21/2/2015).

“Biarkan penyidik yang memutuskan. Dia hanya memberikan persetujuan kepada suara terbanyak pimpinan KPK,” tandas Emerson.

Bahkan, lanjutnya, seharusnya Ruki tak menyentuh kasus-kasus yang bertalian dengan jabatannya. Misalnya, kasus dugaan korupsi yang terjadi di Bank Jabar Banten (BJB). “Pak Ruki saat ini Komisaris Bank BJB yang ditangani KPK,” paparnya.

Ia pun menyoroti pernyataan Ruki di awal pengabdiannya di KPK menimbulkan banyak kecurigaan. Salah satunya soal pernyataan Ruki yang menawarkan kasus dugaan gratifikasi Budi Gunawan ditangani kejaksaan.

“Saya pikir ini satu yang keliru, satu yang blunder. Bahwa kalau mau yang harus dilakukan pak Ruki sebelum berdinas resmi adalah melakukan deklarasi tentang isu konflik kepentingan,” beber Aktivis ICW. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.