Kamis, 25 April 24

Ibnu al-Haytham Peletak Dasar Ilmu Fisika Optik

Ibnu al-Haytham Peletak Dasar Ilmu Fisika Optik
* Ibnu al-Haytham. (Foto: Wikipedia)

Haytam telah menjadi seorang yang mahir dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan falsafah. Ibnu Haitham merupakan orang pertama yang menemukan serta menulis data penting mengenai cahaya. Kabarnya, sekitar 200 buku sudah ditulisnya.[4] Sayangnya, tinggal sedikit karya Ibnu Haytham yang tersisa. Salah satu karya monumentalnya, yaitu Kitab al-Manadhir, pun tidak jelas keberadaannya.

Tulisannya mengenai cara kerja mata manusia, telah menjadi salah satu Referensi yang penting dalam bidang kajian sains di Barat. Teorinya mengenai pengobatan mata masih digunakan hingga saat ini di berbagai Universitas di seluruh dunia.

Hampir semua teori serta hasil penelitian Ibnu Haytham menginspirasi beberapa ahli sains Barat, seperti Boger, Bacon, dan Kepler yang sekarang dikenal sebagai pencipta mikroskop serta teleskop. Ia juga pernah menulis buku tentang evolusi yang sampai sekarang masih menjadi rujukan ilmuwan dunia. Buku karya Ibnu Haitham mengenai kosmologi pun sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, beliau meninggal di Qahirah tahun 1039 pada umur 74 tahun.

Rekam Pendidikan Ibnu al-Haytham

Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haytham, memulai pendidikan awalnya di kota kelahirannya di Basrah, Irak. Lalu dia memilih merantau ke Ahwaz dan Baghdad yang pada saat itu merupakan pusat intelektual dunia. Dikota itu ia belajar berbagai macam ilmu. Lalu kemudian karena ilmu yang dimilikinya pulalah yang membawanya ke Mesir. Ibnu Haytam juga sempat mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar. Setelah itu, secara otodidak ia mempelajari hingga menguasai beragam disiplin ilmu seperti ilmu falak, matematika, geometri, pengobatan, fisika, dan filsafat. Secara serius dia mengkaji dan mempelajari seluk-beluk ilmu optik.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.