Selasa, 6 Desember 22

Ibas: Bersama Rakyat TNI Kuat

Ibas: Bersama Rakyat TNI Kuat

Jakarta, Obsessionnews.com – TNI merayakan hari ulang tahun (HUT)-nya ke-71 pada Rabu (5/10/2016) ini. Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono yang akrab disapa Ibas menyatakan bersama rakyat TNI kuat.

Putra Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengungkapkan hal itu melalui tulisannya di akun Twitternya,  @Edhie_Baskoro, Rabu (5/10), yang di-mention ke akun ayahnya, @SBYudhoyono. “Persiapkan diri hari ini, Bertempur hari esok, Kemudian menang & Berhasil dihari lusa” @SBYudhoyono. Dirgahayu TNI, Bersama Rakyat TNI Kuat,” tulisnya.

Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR), kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).  Lalu diubah lagi namanya menjadi TNI hingga saat ini. TNI terdiri dari TNI Angkatan Darat,  TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Pada masa Demokrasi Terpimpin hingga masa Orde Baru, TNI pernah digabungkan dengan Polri. Penggabungan ini disebut dengan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

Sesuai Ketetapan MPR nomor VI/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan Polri serta Ketetapan MPR nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan peran Polri maka pada tanggal 30 September 2004 telah disahkan Rancangan Undang-Undang TNI oleh DPR yang selanjutnya ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 19 Oktober 2004. (@arif_rhakim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.