Rabu, 5 Oktober 22

HUT Lapas, Kemenkumham Jateng Gelar Pameran

HUT Lapas, Kemenkumham Jateng Gelar Pameran

Semarang, Obsessionnews – Beragam cara dilakukan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-52 yang jatuh pada Rabu (27/4/2016) hari ini. Salah satunya dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Tengah (Jateng) dengan menggelar pameran hasil kerajinan narapidana dari sejumlah Lembaga Pemasyarakatan.

Beberapa Lapas yang menggelar “Lapak Dagangan” adalah Lapas Purwodadi, Lapas Kedungpane Semarang dan Lapas Anak Kutoarjo Mereka memamerkan berbagai hasil kerajinan mulai dari bantal, busana batik, miniatur kendaraan sampai vas berbahan kertas. Bahkan terdapat Lapas yang berhasil membuat inovasi berupa lampu lalu lintas.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Bambang Sumardiono mengatakan pameran ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa napi bisa membuat sesuatu yang kreatif sebagaimana masyarakat pada umumnya. “Salah satu kegiatan kita itu pembinaan ketrampilan kepada warga binaan seingga ketika bebas sudah punya ketrampilan. Seperti terlihat di pameran ini,” kata dia kepada obsessionnews.com.

pameran HUT lapas-

Menurutnya, tingkat ketertarikan masyarakat terhadap produk buatan napi terbilang tinggi. Dikatakan, produk-produk hasil napi ini selain dipasarkan pula ke masyarakat umum. Termasuk juga ke tingkat internasional seperti Korea dan lai sebagainya.

“Seperti di Salatiga, Salatiga itu sudah bikin sarung tangan Soft Ball. Bahkan itu sudah ekspor,” paparnya.

Kerajinan napi, lanjut Bambang harus didorong lebih lanjut. Pihaknya pun tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng, untuk bisa membantu mempromosikan produk-produk hasi karya narapidana.

“Tadi saya sudah bicara dengan pak Sekda, kalau bisa ada stan di Dekranas misalnya atau stan-stan yang sifatnya home industry dan beliau mengatakan nanti kita akan pertimbangkan,” tandasnya.

Dalam acara yang digelar di Lapas Kedungpane Semarang ditampilkan pula tari-tarian dari narapidana wanita Lapas Bulu Semarang. Mereka lantas mengadakan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.