Rabu, 20 Oktober 21

HUT ke-76 PMI, Bupati Kebumen Sumbang 1 Mobil Sedan

HUT ke-76 PMI, Bupati Kebumen Sumbang 1 Mobil Sedan
* Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di acara HUT PMI ke-76. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen turut merayakan hari jadi PMI Nasional ke-76, yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (17/9/2021) malam. Pada kesempatan itu pula Bupati Kebumen melauncing Bulan Dana PMI 2021.

Sebagai dukungan terhadap kerja kemanusian PMI, pada program Bulan Dana itu, Bupati Kebumen turut membantu menyumbangkan 1 mobil miliknya berupa sedan Ferio untuk dilelang, dan hasilnya diperuntukan bagi PMI Kebumen.

“Alhamdulillah untuk PMI Kebumen dalam Bulan Dana ini, saya kasihkan 1 mobil Honda Ferio untuk dilelang, dan hasilnya bisa digunakan untuk keperluan PMI. Insya Allah menjadi berkah,” ujar Bupati yang disambut tepuk tangan meriah oleh para hadirin.

Bupati mengapresiasi kinerja PMI Kebumen dalam bidang kemanusian. Bahkan sejak pertama kali Covid-19 ada di Kebumen, pada 14 Maret 2020, PMI kata Bupati, langsung bergerak cepat dengan melakukan sterilisasi tempat-tempat umum dengan penyemprotan disinfektan.

“Saat itu, PMi juga langsung membuka dapur umum untuk para relawan dalam penanganan Covid-19. Siang malam terus bekerja, sampai saat ini, dimana Covid-19 masih belum dinyatakan hilang. Kerja-kerja kemanusian ini patut kita apresiasi,” jelas Bupati.

Belum lagi, lanjut Bupati, PMI juga terus berupaya menjaga ketersedian darah di Kebumen agar selalu tercukupi guna memenuhi kebutuhan pasien yang terus meningkat. Terlebih di tengah pandemi ini, dimana pemasokan dan pengeluaran darah tidak seimbang.

“Apa yang dilakukan PMI adalah dor to dor untuk mencari pendonor darah. Karena pada saat pandemi ini, para pendonor ini turun, tapi kebutuhan terus meningkat, yang tadinya 60, 70, jadi 100. Nah ini tentu butuh strategi khusus,” terang Bupati.

Sementara itu, Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto menambahkan, pihaknya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kebumen, tanpa dukungan dan suport dari pemerintah dan semua stakeholder, kerja kemanusian PMI juga tidak bisa maksimal.

“Tugas kita adalah membantu pemerintah di bidang sosial dan kemanusia. Dan tugas kita ini sangat kompleks. Ada kecelakaan kita hadir, saat banyak pasien Covid-19 meninggal kita juga hadir membantu melakukan pemulasaraan jenazah, ada bencana alam kita juga hadir,” tutur Sabar.

Dalam 1 tahun, kata Sabar, PMI Kebumen mampu membantu sebanyak 40 ribu kantong darah. Diakui, saat pandemi Covid-19, pihaknya melakukan dor to dor atau jemput bola, dengan terjun mencari darah ke masyarakat. 

“Karena adanya PPKM atau PSBB, orang kan takut untuk keluar. Jadi kita yang turun, dor to dor, ke masyarakat untuk mencari pedonor, dan alhamdulilah, dengan cara itu stok kebutuhan darah di Kebumen tercukupi,” terang Sabar.

Untuk program Bulan Dana ini, PMI menargetkan bisa mengumpulkan dana Rp2,6 miliar. Selain Bupati, pihak lain yang ikut mensuport Bulan Dana PMI, di antaranya dari Forkompinda, ASN, Polres Kebumen, dari BRI, BNI, Bank Jateng, Orari, dan Komunitas Warga Tionghoa Kebumen. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.