Selasa, 19 Oktober 21

Husni: KPU Segera Buat Evaluasi Pilkada

Husni: KPU Segera Buat Evaluasi Pilkada
* Ketua KPU Husni Kamil Manik (kanan).

Padang, Obsessionnews – Pasca pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dilaksanakan 9 Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharuskan membuat laporan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan pilkada serentak harus selesai dan dilaporkan segera ke KPU pusat.

Ketua KPU Republik Indonesia (RI), Husni Kamil Manik, mengatakan, laporan evaluasi pelaksanaan pilkada serentak 2015 perlu sebagai bahan masukan untuk usulan revisi Undang-Undang (UU) nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada.

“Bahan evaluasi itu untuk masukan bagi penyempurnaan UU nomor 8 tahun 2015,” kata Husni Kamil Manik saat memberikan arahan dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wagub Sumbar 2015 yang dilaksanakan KPU Sumbar, Selasa (23/2).

Husni Kamil Manik berharap seluruh KPU yang menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2015, untuk secepatnya membuat laporan evaluasi. Apabila ada KPU yang tidak membuat evaluasi pelaksanaan pilkada serentak, bakal dikenai sanksi.

Berdasarkan catatan yang masuk ke KPU RI, dari 13 daerah kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2015, KPU yang baru menyerahkan hasil evaluasi pelaksanaan pilkada baru tiga daerah. Tiga daerah dimaksud meliputi, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok dan Kabupaten Dharmasraya.

Pilkada serentak yang digelar 9 Desember 2015, dilaksanakan di 13 daerah kabupaten/kota berikut pemilihan gubernur Sumbar. 13 daerah dimaksud, meliputi, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Agam, Padang Pariman, Pasaman Barat (Pasbar), Pesisir Selatan (Pessel), Solok Selkatan (Solsel), Tanahdatar, Limapuluh Kota dan Sijunjung. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.