Senin, 20 September 21

Hungaria Tertarik Investasi Sektor Geothermal di Sumbar

Hungaria Tertarik Investasi Sektor Geothermal di Sumbar
* Bupati Pasaman Benny Utama

Padang, Obsessionnews – Potensi energi baru terbarukan seperti energi panas bumi (geothermal) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) hampir separoh dari seluruh potensi yang tersedia di Sumbar. Potensi energi panas bumi yang tersedia sekitar 750 megawatt electric (MWe) yang terdapat di lima titik.

Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, potensi sumber energi yang ada di Pasaman terdapat di Bonjol, Panti, Lubuk Sikaping, Duo Koto dan Muara Cubadak, Rao. Potensi geotermal di Bonjol sekitar 200 MWe dan potensi yang tersedia di lokasi objek Wisata Rimbo Panti dan Lubuk Sikaping mencapai 300 MWe.

“Potensi geothermal yang ada di lima lokasi itu cukup besar dari seluruh potensi yang ada di Sumbar,” kata Benny Utama saat mengunjungi potensi geothermal bersama 16 duta besar dan lima wakil duta besar serta pejabat tinggi negara sahabat di rimba Panti, Sabtu (30/5).

Kemudian, berada di Kecamatan Dua Koto dan Kecamatan Rao.

Geotermal Sumbar1

Benny Utama mengatakan, potensi geothermal di Bonjol sudah pernah mendapat tawaran dari investor asing, namun tidak berlanjut karena belum ada aturan penetapan harga satuan per watt.

Sementara kelanjutan pengelolaannya hingga sekarang belum jelas, karena belum ada investor yang berminat untuk berinvestasi di sektor dimaksud, sebelum payung hukum terkait penetapan harga satuan per watt jelas.

Sedangkan, Duta Besar Hungaria yang menyatakan tertarik untuk berinvestasi di bidang energi baru terbarukan yang ada di Panti dan Lubuk Sikaping, baru diketahui setelah disampaikannya ke negaranya.

Geotermal Sumbar2

Berdasarkan hasil analisa yang pernah dibuat Dinas Energi Sumberdaya Mineral Kabupaten Pasaman, kata Benny Utama, potensi energi listrik dari dua titik yang dari lima lokasi yang ada di Pasaman jika dikelola secara maksimal, pemasukannya untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp300 miliyar pertahun. Dua lokasi dimaksud terdapat di Lubuk Sikaping dan Panti.

Benny mengatakan, dari 16 Duta Besar dan lima wakil duta besar serta pejabat tinggi negara sahabat yang berkunjung ke lokasi geothermal di Panti, Negara Hungaria tertarik untuk berinvestasi di bidang energi baru terbarukan yang ada di Panti dan Lubuk Sikaping.

Geotermal Sumbar3

Sementara itu, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Nemeth Pach mengatakan, potensi energi baru terbarukan di negaranya banyak dikembangkan oleh investor. Ia berjanji akan membicarakan potensi energi baru terbarukan yang ada di Pasaman ke pejabat berwenang di negaranya.

“Saya akan menyampaikan potensi yang besar, semoga saja pengelolaan geothermal di negara saya, bisa juga dilakukan di Pasaman ini, karena listrik yang dihasilkannya cukup besar,” kata Judit Nemeth Pach. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.