Senin, 20 September 21

Hungaria Jadi Negara Pertama Tertarik Jalur Sutra

Hungaria Jadi Negara Pertama Tertarik Jalur Sutra
* Menlu RI, Menlu China dan Presiden Jokowi

Beijing, Obsessionnews – Hungaria menjadi negara Eropa pertama yang memberikan sinyal kuat perjanjian kerja sama dengan Cina terkait “Jalur Sutra” untuk mengembangkan perdagangan dan infrastruktur transportasi di wilayah Asia dan sekitarnya.

Sebagaimana dilansir dari website Kementerian Luar Negeri Cina. Kedua belah pihak telah menekan MoU yang mana dikenal sebagai perjanjian “One Belt, One Road” di Budapest.

“Cina menyambut negara Eropa lainnya untuk melirik Asia dan memperkuat kerja sama serta partisipasi dalam proyek “One Belt, One Road” dalam berbagai bentuk,” ujar Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi, dalam pernyataannya di situs lain.

Sebelumnya, Presiden Cina, Xi Jinping di awal tahun kemarin berharap perdagangan tahunan dengan negara-negara yang terlibat dalam rencana Jalur Sutra akan membuat transaksi internasional melewati angka $2,5 triliun dalam satu dekade.

Disisi lain, Hungaria juga berharap, kerja sama tersebut dapat mendorong pembangunan rel kereta Hungaria-Serbia dan berbagai infrastruktur lain. Cina sendiri menyatakan akan membantu membangun jalur kereta yang menghubungkan Hungaria dan Serbia tersebut.

Proyek Jalur Sutra merupakan program yang digagas negara Panda dengan membuka kembali lintas perdagangan di masa lalu. Termasuk di dalamnya pembangunan jaringan kereta, jalan raya, minyak dan gas, jaringan internet, dan infrastruktur lain di seantero tepi Asia yang mana dapat meningkatkan hubungan Cina dengan Eropa dan Afrika. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.