Rabu, 22 Mei 19

Human Capital Index

Human Capital Index

Oleh: Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan 

 

Human capital index yang diluncurkan Bank Dunia menjadi sangat penting, dan kami menyatakan siap bekerja sama karena Indonesia memiliki pengalaman berharga dalam investasi human capital.

Hal tersebut saya ungkapkan dalam forum Human Capital Summit, A Global Call to Action di Nusa Dua, Bali pada Kamis 11 Oktober 2018.

Selain Indonesia, tampil pula Perdana Menteri Singapura, Menteri Keuangan dari Polandia, Etiopia, Peru, Pakistan dan Irak. Sebelumnya, acara ini dibuka oleh Presiden World Bank.

Saya juga memaparkan berbagai hal yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk meningkatkan kualitas human capital khususnya terkait pendidikan, kesehatan, dan generasi milenial. Sebagai bagian dari strategi penanganan human capital, Indonesia telah mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan, meningkatkan kualitas guru, manajemen sekolah dan proses belajar mengajar peserta didik.

Pemerintah Indonesia juga memberikan perhatian besar pada pendidikan vokasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0, teknologi informasi, dan partisipasi sektor swasta dalam pendidikan.

Dalam menghadapi isu pembangunan digital, pemerintah Indonesia memperkenalkan beberapa kebijakan strategis. Di antaranya adalah meningkatkan kurikulum pendidikan dan meningkatkan kompetensi pekerja, meningkatkan kompetensi melalui pelatihan vokasi dan program magang, meningkatkan kualifikasi, kebutuhan dan pelaksanaan sertifikasi profesi di seluruh institusi di seluruh wilayah Indonesia.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.