Sabtu, 14 Desember 19

Hukuman Mati Eks Presiden Mursi Dicabut MA

Hukuman Mati Eks Presiden Mursi Dicabut MA

Kairo – Pengadilan banding Mesir mengabulkan gugatan Muhammad Mursi, Presiden terguling negara itu dan membatalkan vonis mati atas dirinya. Pengadilan tertinggi Mesir ini mencabut hukuman mati atas mantan presiden Mesir yang dikudeta tersebut.

Keputusan Mahkamah Agung, Selasa (15/11), juga memerintahkan keenamnya menghadapi sidang ulang terkait dengan pelarian besar-besaran dari penjara pada tahun 2011 dalam aksi perlawanan atas Presiden Hosni Mubarak.

Seperti dilansir ISNA, pengadilan banding Mesir dalam sidang terbatasnya yang berlangsung hanya beberapa menit pada hari Selasa (15/11), mengabulkan gugatan Muhammad Mursi, Presiden terguling Mesir dan lima anggota Ikhwanul Muslimin lainnya, dan membatalkan vonis mati serta penjara seumur hidup atas mereka, dan melimpahkan berkas dakwaan untuk dikaji ulang di instansi lain.

Hukuman seumur hidup atas 21 anggota Ikhwanul Muslimin juga ditolak oleh Mahkamah Agung.

Pengadilan pidana Kairo pada Januari 2015 menjatuhkan vonis mati atas Muhammad Mursi dan beberapa petinggi Ikhwanul Muslimin lainnya dalam kasus yang dikenal dengan “serangan ke penjara-penjara”.

Pada hari yang sama, 21 pejabat Ikhwanul Muslimin, Mesir juga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Sebelumnya, pengadilan banding Mesir mengesahkan vonis penjara seumur hidup yang dikeluarkan atas Muhammad Mursi karena dituduh melakukan aksi mata-mata untuk Hamas dan Qatar. (*/Pars)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.