Sabtu, 22 September 18

Demi Tutupi Uang Pengganti Kasus e-KTP, Setnov Bakal Jual Rumah?

Demi Tutupi Uang Pengganti Kasus e-KTP, Setnov Bakal Jual Rumah?
* Mantan Ketua DPR Setya Novanto saat manjalani sidang kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta. (Foto : Kompas.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) dikabarkan bakal menjual rumah miliknya demi menutupi uang pengganti kasus korupsi proyek e-KTP. Sisa uang yang harus ditutupi sebesar USD 7,3 juta.

“Setya Novanto melalui penasihat hukumnya akan membayar kembali uang penggantinya, yaitu dari penjualan aset bangunan rumah dan pemindahbukuan rekening di bank. Sejauh ini Setya Novanto menyatakan akan kooperatif untuk membayar uang pengganti,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Kamis (13/9/2018).

Febri tak menyebut detail rumah yang mana yang akan dijual Novanto. Berdasarkan LHKPN tahun 2015, Novanto memiliki 16 unit tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta hingga Kupang, NTT, dengan total nilai Rp 81,7 miliar.

Novanto saat ini tengah menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin. Dia divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan pada April 2018. Selain itu, hak politiknya dicabut untuk 5 tahun setelah Novanto selesai menjalani masa hukuman.

Novanto sudah melunasi denda Rp 500 juta. Sedangkan terkait pembayaran uang pengganti, Novanto pernah menitipkan Rp 5 miliar ke KPK, kemudian mencicil USD 100 ribu, dan ditambah penyitaan KPK pada rekeningnya senilai Rp 1.1 miliar. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.