Sabtu, 16 Oktober 21

Hukum Menjadi Tukang Ojek

Hukum Menjadi Tukang Ojek
* Wanita menumpang ojek. (Foto: wowkeren)

Hukum boncengan dengan non mahrom tidak diperbolehkan kecuali bila bisa terhindar dari fitnah (hal-hal yang diharamkan) seperti :

⛔️ Tidak terjadi ikhtilath (persinggungan badan)

⛔️ Tidak terjadi kholwah (berkumpulnya laki-laki dan wanita di tempat sepi yang menurut kebiasaan umum sulit terhindar dari perbuatan yang diharamkan)

⛔️ Tidak melihat aurat selain dalam kondisi dan batas-batas yang diperbolehkan syara’

⛔️ Tidak terjadi persentuhan kulit

Seandainya tidak diperbolehkan, bagaimana uang hasil bekerja sebagai driver/ojek ?

Adapun hukum uang hasil bekerja sebagai driver adalah diperinci sebagaimana uraian tersebut di atas :

Jika boncengan yang dilakukan pada saat ngedrive melanggar pantangan-pantangan di atas, maka haram hasilnya.

Namun jika boncengan yang dilakukan pada saat ngedrive tidak tidak melanggar pantangan-pantangan tersebut, maka halal pula hasilnya.

“Barangsiapa menolong dalam kema’siatan walaupun hanya dengan sepenggal kalimat”. Didalam kitab maha karyanya, Imam Al Ghazali menyatakan bahwa ongkos dari pekerjaan yang berkaitan dengan kema’siatan adalah haram. Maka tidak sah dan tidak diperbolehkan bersedekah dengan harta tersebut. Wallahu a’lam bis shawab.

الموسوعة الفقهية الكويتية

“إرداف التعريف” 1 – الإرداف مصدر أردف وأردفه أركبه خلفه ولا يخرج استعمال الفقهاء عن هذا المعنى “الحكم الإجمالي” 2 – يجوز إرداف الرجل للرجل والمرأة للمرأة إذا لم يؤد إلى فساد أو إثارة شهوة لإرداف الرسول للفضل بن العباس ويجوز إرداف الرجل لامرأته والمرأة لزوجها لإرداف الرسول لزوجته صفية رضي الله عنها وإرداف الرجل للمرأة ذات الرحم المحرم جائز مع أمن الشهوة وأما إرداف المرأة للرجل الأجنبي والرجل للمرأة الأجنبية فهو ممنوع سدا للذرائع واتقاء للشهوة المحرمة

احياء علوم الدين

من أَعاَنَ عَلَى مَعْصِيَةٍ وَلَوْ بِشَطْر ِكَلِمَة ٍكاَن َشَرِيْكاً فِيْها َوفى نفس الكتاب اجرة العمل الذى يتعلقب المعصية حرام والتصدق به منها لايجوز ولايصح إهـ .

(Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.