Jumat, 19 April 24

Hujan Mulai Turun, Usai Sholat Istisqa

Hujan Mulai Turun, Usai Sholat Istisqa
* Ratusan jamaah berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Padang menggelar shalat Istisqa, di halaman Kantor Balaikota Aia Pacah, Selasa (7/7), agar Kota Padang diguyur hujan guna mengurangi dampak cuaca panas dan kekeringan. (covesia.com)

Padang, Obsessionnews – Setelah sempat mengalami kekeringan akibat cuaca panas yang terjadi sejak awal Ramadhan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) diguyur hujan. Hujan turun pada Selasa (7/7) malam setelah pagi harinya warga bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah (Pemko) Padang menggelar sholat minta hujan (Istisqa).

Bahkan Rabu (8/7) siang hujan yang turun di Kota Padang tambah lebat meskipun instensitasnya masih sedang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, Sumbar memprediksi Rabu (8/7), sebagian besar wilayah Sumbar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kepala Seksi (Kasi) Obsevasi dan Informasi BMKG Tabing, Padang, Budi Iamn Samiaji mengatakan, secara umum cuaca di Sumbar berawan pada pagi hari. Potensi hujan ringan – sedang pada siang – sore  hari. Potensi hujan ringan tidak merata juga berpotensi terjadi pada malam hingga dini hari di sebagian besar wilayah Sumbar.

“Potensi hujan ringan pada siang hingga sore berpotensi terjadi di Padang Panjang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang, Agam Pesisir, Pesisir Selatan, Indarung tepatnya Sitinjau, Sicincin, sebagian Bukittinggi, dan sebagian Agam Dataran tinggi,”  kata Budi.

Sementara pada malam hingga dini hari, hujan berpotensi terjadi dengan intensitas ringan dan tidak merata di sebagian Kota Padang, Padang Pariaman, sebagian Pesisir Selatan, Pasaman, Lima Puluh Kota, dan Kota Payakumbuh.

“Suhu sudah mulai normal yaitu berada dikisaran 22.3 derjat Celcius minimal dan maksimal diangka 30.5 derjat Celsius,” sebut Budi.

Meski berpotensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Sumbar, namun untuk kelembaban masih cukup tinggi berkisar antara 75 – 95 persen. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.