Selasa, 29 November 22

Hujan Angin, Empat Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan Angin, Empat Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang

Padang, Obsessionnews – Tiga mobil dan satu unit sepeda motor tertimpa pohon di Jalan Veteran, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Kejadian berlangsung saat hujan disertai angin kencang sekitar pukul 11:00 WIB.

Kendaraan yang tertimpa antara lain, mobil nissan 4 wd warna putih dengan nomor polisi (nopol) BA 8888 KM, mobil kijang innova warna hitam nopol BA 1562 JP dan mobil jazz warna putih nopol BA 1213 VD, serta satu sepeda motor honda beat warna putih.

Kondisi tiga mobil tersebut masing-masing, mobil nissan 4 wd warna putih mengalami kerusakan di bagian belakang bak terbuka, mobil kijang innova warna hitam mengalami kerusakan pada atapnya dan mobil jazz warna putih tertimpa bagian atapnya oleh ranting pohon, sedangkan motor beat warna putih patah rangka bagian kepala motor dan rangka tengahnya karena tertimpa batang pohon besar.

Salah seorang saksi mata Ema mengatakan, waktu kejadian sedang turun hujan dan disertai angin kencang. Pohon besar tersebut tumbang dan menimpa mobil yang berada di bawahnya.

Saksi lain, Hosa Nurdani satpam di salah satu show room mobil yang ada di jalan tersebut menuturkan hal yang sama. Ia mendengar bunyi yang keras, seperti pohon tumbang. Dan setelah melihat ke arah suara, ia melihat pohon tumbang yang menimpa tiga mobil dan satu sepeda motor. Salah seorang pemilik kendaraan roda dua mengalami luka ringan, sedangkan motor rusak parah.

Elfi (50), salah seorang pemilik kendaraan yang tertimpa kayu mengatakan, saat kejadian ia sedang dalam perjalanan pulang dari pasar. Di lokasi ia berhenti sebentar karena ada urusan ke show room disitu untuk mengambil plat nomor kendaraannya. Elfi mengaku saat itu sengaja mengurangi laju kendaraan untuk mengurangi risiko.

“Pada saat mengurangi laju kendaraan dan berjalan di pinggir aja, tiba-tiba terdengar suara droot, bunyi detak kayu mau patah, mau melihat tetapi pada saat itu sedang fokus kedepan, jadi pada saat mengerem motor, kayu tiba dipelukan dan menimpa kepala motor, alhamdulliah keadaan saya tidak apa-apa hanya terkilir dibagian tangan dan luka sedikit pada bibir, tetapi motor mengalami kerusakan cukup parah karena kepala motor patah”, ujarnya.

Kanit 1 Lantas Padang Barat Basimar mengatakan, saat itu kayu yang tumbang tidak terlalu kencang tetapi perlahan menimpa tiga kendaraan mobil dan satu motor.

“Sepertinya kayu didorong badai karena sudah ada pemotongan galian selokan, jadi sebagian akar sudah ada yang terpotong, datang angin dan didorong lalu mengakibatkan pohon tumbang,” kata Basimar.

tumb-2

Untuk mempermudah petugas BPBD memindahkan material kayu, arus lalu lintar dialihkan ke jalan Purus menuju tepi laut

Wakil Walikota Padang Emzalmi yang datang meninjau lokasi mengatakan, pohon pelindung yang berada di Kota Padang rata-rata telah berumur 30 Tahun, terlihat bahwa sebagian besar sudah banyak yang lapuk di atas dan begitu juga bagian bawahnya karena faktor umur, sehingga akar telah menua.

“Akibat dahan yang cukup subur dan tidak mendukung dengan kondisi akar, karena Selama ini kita berangapan pohon pelindung yang berusia lama, kalau ditebang nanti tumbuh tidak lagi besar dan oleh sebab itu kita memangkas semua pohon yang sudah mulai lapuk”, ujarnya.

Selanjutnya, karena pohon sudah banyak lumut sehingga membuat air tersimpan didahan dan batang mengakibatkan pohon lapuk ditambah dahan yang rimbun sehingga menimbulkan berat, berakibat pohon mudah tumbang.

“Semua pohon yang tinggi 8-10 Meter akan kita lakukan pemangkasan, rata-rata tidak melebihi dengan bangunan yang telah ada, kita berharap tumbuh lagi pucuk baru yang tidak rimbun dan berat, kita telah perintahkan ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk memangkas pohon tersebut, sehingga tidak menimbulkan korban,” ujar Emzalmi.

Pohon lindung sangat diperlukan untuk mengatasi masalah pencemaran, sehingga menyimpan oksigen sebanyak mungkin dan bagi yang sudah sangat berbahaya kita tebang, tetapi bagi yang belum berbahaya kita akan melakukan pemangkasan. Pada saat ini upaya kita untuk memangkas pohon sudah maksimal karena banyak yang sudah dipangkas di beberapa sudut Kota Padang yang memilik pohon lindung.

Kepala BPBD-PK Kota Padang Dedi Henidal mengatakan, untuk melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan Veteran, sebanyak 28 personil dari BPBD-PK Kota Padang, ditugaskan untuk memindahkan material pohon kayu. petugas bekerja selama satu jam untuk memindahkan material kayu. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.