Jumat, 26 April 24

Ustaz Maulana Ikhlaskan Kepergian Istrinya

Ustaz Maulana Ikhlaskan Kepergian Istrinya
* Ustaz Maulana ketika mencium sang istri di RS Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan. (foto: detikperistiwa dan Harianindo)

Makasar, Obsessionnews.com – Kabar duka datang dari ustaz kondang Nur Maulana. Istrinya, Maulana Hj Aliah Maulana, meninggal dunia di RS Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (20/1/2019) pukul 17.30 wita.

Kabar duka Istri Ustaz Nur Maulana meninggal dunia menyebar dengan cepat. Kabar duka disampaikan Pembina Ponpes An Nahdlah Makassar Dr Firdaus Muhammad.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Telah wafat Hj. Nur Aliyah, alumni Pesantren An-Nahdlah,  Minggu (20/1). Selamat jalan sahabat. Alfatihah,” kata Firdaus.

Tak hanya Firdaus yang menyampaikan kabar duka. Kabar ini juga disampaikan oleh akun Instagam @okisetianadewi, Minggu (20/1).

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun

Allahumaghfir laha warhamha wa ‘afiha wa’fu ‘anha –

Telah berpulang Ibu Nuraliyah Ibnu Hajar (Istri dari Ustadz Nur Maulana), pada hari Minggu 20 Januari 2019 jam 16.21 WIB di RS Bhayangkara Makassar.

Turut berduka cita sedalam dalamnya, semoga Almarhumah husnul khatimah, الله terima amal ibadah beliau, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keikhlasan & ketabahan.

Aamiin.

Untuk guru kami ustadz Maulana, selama bertahun-tahun bersama beliau hampir setiap hari, maka saya mengenali beliau orang yang sangat baik. Entah berapa masjid dibangun berapa ratus orang yg telah diumrahkan , dan semua kebaikkan lainnya. Betapa beliau senantiasa ceria dan tak pernah menunjukkan kesedihannya. Pernah suatu hari saya melihat seseorang menangis meminta bantuannya. Beliau menasihati utk tidak menunjukkan kesedihan di depan manusia dan terlalu mengiba-iba pada manusia . Beliau bantu orang tersebut dengan nilai yg besar padahal saya tau, istri beliau sedang sakit parah dan memerlukan biaya besar. Ustad.. saya tau dan yakin.. Allah anugerahkan kesabaran dan ketabahan utk ustad.. Ummi.. semoga husnul khatimah.. betapa sy tau ustad sangat mencintai ummi dan selalu menyebutkan ” istri saya sangat mandiri , sabar dan tidak pernah mau merepotkan saya, saya sangat mencintainya. Semoga ummi ditempatkan di jannah-Nya insyaAllah..,” tulis Oki.

Penyebab meninggalnya istri Ustaz Maulana ternyata mengidap sakit sejak Ramadan lalu. Nuraliyah atau Ummi Naorah meninggal setelah mengidap penyakit kanker usus. Hal ini dijelaskan Maulana sendiri.

“Sebenarnya sakitnya terdeteksi Ramadan, sudah sakit drop, tidak bisa ke Jakarta tidak apa-apa karena dia sakit, Sampai bulan Muharram baru masuk RS Ibnu Sina. Habis itu, ternyata ada kanker di usus dan itu di anus, dekat anus,” kata Ustaz Maulana, di Jalan Satando, Makassar, Senin (21/1).

Pria yang mengisi acara Islam Itu Indah di salah satu stasiun Tv swasta ini menyebutkan, istrinya mengidap kanker usus hingga sudah sampai ke paru-paru dan harus dilakukan tindakan pengeluaran cairan. Namun apa daya, sekitar pukul 15.00 Wita kondisi istrinya kembali drop dan akhirnya menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 17.30 Wita di RS Bayangkara Makassar.

“Saya tanda tangan untuk keluarkan cairan itu, jam 1 saya tinggalkan, jam 3 sudah drop dan meninggal tadi setengah 6 (sore),” jelasnya.

Ummi Naorah bahkan sempat akan dilakukan perawatan di Malaysia, namun apa daya, sang istri tercinta harus mengembuskan napas terakhirnya dan mengikhlaskan kepergian Nuraliyah yang telah mendampinginya selama 10 tahun lamanya.

Ustaz Maulana, begitu dia sering dipanggil, ia adalah salah satu ustadz populer di televisi. Kemunculan pertamanya begitu menghebohkan masyarakat, karena gaya ceramah Ustaz Maulana yang segar dan sedikit lebih banyak komedinya.

Ustaz Maulana memiliki gaya berceramah dan memiliki sapaan khas kepada para pendengar dengan “Jamaah oh Jamaah” ini memang sejak kecil memiliki kecintaan dalam dunia dakwah Islam. Dalam mengisi acara “Islam Itu Indah” di Trans TV, Ustaz Maulana biasanya berduet dengan Ustaz Syam.

Ustaz Maulana adalah seorang lulusan dari pondok pesantren An-Nahdah. Aktifitas Ustaz Maulana selain sebagai seorang penceramah dia adalah seorang guru agama Islam di SD Islam Athirah dan Pondok Pesantren An-Nahdah.

Nama panjang beliau adalah Ustaz Nur Muhammad Nur Maulana, namun akrab disapa oleh penggemar dengan nama Ustaz Maulana. Dengan membawa gaya yang unik dalam berceramah, Ustaz Maulana seakan membawa angin segar dalam dunia perdakwahan Indonesia. Beliau juga sering disebut dengan ustaz gaul.

Cara-cara jenaka dalam menyampaikan tausiah, membuat para jamaah lebih mudah memahami isi dakwah yang disampaikan. Namun ternyata, gaya ceramah Ustaz Maulana yang lebih kepada jenaka dan ceria ini ternyata ada beberapa pihak yang tidak sependapat.

Gaya bercanda Ustaz Maulana dalam menyampaikan ceramah dikatakan berlebihan dan lebay.

Sehinga Ustaz Maulana pun mengalami banyak kritikan pedas dari kalangan netizen di tanah air. Tak jarang komentar negatif dan pedas yang memojokkan Ustaz Maulana tersebut membuat Ustaz Maulana menangis.

Namun seiring perjalanan dakwahnya yang semakin matang, maka kini Ustaz Maulana menjadi sosok yang lebih bijak, buktinya beliau masih memiliki banyak penggemar dan masih bertahan di salah satu acara tausiah stasiun TV nasional.

Karir ceramah Ustaz Maulana ini sebenarnya terhitung sudah lama. Beliau sudah tampil menjadi seorang penceramah tatkala masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Gaya yang ia bawakan di televisi pun juga merupakan gaya Ustadz Maulana sejak menjadi penceramah di SMP.

Meski pernah menerima kritik tajam dari berbagai fihak, namun nyatanya jadwal tausiah di berbagai daerah tetap padat. Bukan saja dari daerah Makasar, Goa dan Moras saja. Namun ada banyak daerah lain seperti di daerah Kabupaten Morowali di Sulawesi Tengah dan Kendari di Sulawesi Tenggara juga turut mengundang beliau untuk ceramah.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai seroang penceramah, Ustaz Maulana mengaku tidak pilih-pilih. Artinya siapapun yang mengundang beliau, selama jadwal kosong dan tidak berbenturan dengan jadwal yang lain, maka insyaalloh beliau akan mengusahakannya untuk menyanggupinya. Ustaz Maulana mengaku banyak mendapat ilmu agama Islam adalah tatkala beliau mondok dan menuntut ilmu di Pondok Pesantren An-Nahdah.

Berita tentang meninggalnya istri Ustaz Maulana menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia Senin (21/1/2019) hingga pukul 08.34 WIB kata kunci Istri Ustaz Maulana telah ditelusuri lebih dari 200.000 kali. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.