Minggu, 18 November 18

Puasa Utama Tahun Baru Islam di 10 Muharram

Puasa Utama Tahun Baru Islam di 10 Muharram
* suasana menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H. (foto: Edwin Budiarso/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Umat Islam akan memperingati  Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang jatuh pada Selasa (11/9/2018) mendatang. Bulan Muharram sendiri menjadi salah satu bulan yang paling diistimewakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, di bulan ini terdapat anjuran untuk memperbanyak amalan ibadah.

Sebagai umat muslim ketika datang bulan mulia ini akan menyambutnya  dengan gembira. Karena bulan mulia ini akan menjadi waktu yang sangat baik untuk meningkatkan amal kebaikan.

Serta semua kebajikan yang dikerjakan akan memiliki pahala yang berlipat ganda. Selain ibadah puasa Ramadan, ada ibadah puasa lain yang dapat dilakukan.

Salah satu puasa yang dapat dilakukan adalah puasa pada bulan Muharam atau dikenal dengan puasa Asyura.

Berita tentang puasa Muharram 1440 H ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Senin (10/9) pukul 09.59 WIB berita ini ditelusuri lebih dari 50.000 kali.

Bulan Muharram adalah bulan yang disunnahkan memperbanyak puasa, boleh di awalnya, pertengahnnya, atau ahirnya. Namun yang paling utama adalah pada tanggal sepuluhnya yang disebut hari Asyura.

Puasa sepuluh hari di bulan Muharram terutama pada tanggal 10 Muharram dikenal denga istilah Yaumu Asyura, yang artinya hari pada tanggal kesepuluh bulan Muharram.

Kata Asyura berasal dari kata ‘asyarah’ yang dalam bahasa Arab berarti sepuluh. Pada tanggal 10 Muharram atau hari Asyura inilah terdapat sebuah sunnah Rasulullah yang mengajarkan umatnya untuk berpuasa atau dikenal dengan shaum Asyura.

Berikut niat dari puasa Asyura.

Nawaitu syauma “Asyura sunnatan lillahi ta’ala.

(Saya niat puasa hari ‘Asyura, sunah karena Allah ta’ala)

(Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.