Kamis, 25 April 24

PBNU Akan Ambil Langkah terhadap Oknum Banser yang Diduga Bakar Bendera HTI

PBNU Akan Ambil Langkah terhadap Oknum Banser yang Diduga Bakar Bendera HTI
* Wasekjen PBNU KH Masduki Baidlowi. (Foto: Wajada).

Jakarta, Obsessionnews.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merespona video pembakaran bendera berkalimat tauhid yang diduga bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh Banser yang viral di media sosial. 

PBNU selaku induk Banser akan mengambil beberapa langkah terkait hal tersebut agar ke depan kasus serupa tidak terulang kembali.

“Kami akan segera lakukan langkah-langkah internal organisasi bagaimana agar hal seperti itu tak terulang,” kata Wasekjen PBNU KH Masduki Baidlowi, Senin (22/10/2018).

Masduki berharap tak ada kegaduhan lagi setelah peristiwa ini terjadi. PBNU juga akan mengingatkan kader untuk tidak lagi melakukan perbuatan yang menimbulkan kontroversi lagi.

“Kita akan ingatkan, kita akan bina, kita akan bimbing, semua kader supaya anak-anak muda, anggota Ansor itu yang giat, semangatnya luar biasa,” ujar dia

“Tapi bagaimana agar tidak menimbulkan hal-hal yang kontroversial antara saudara yang satu dengan yang lain,” sambungnya.

Banser dan GP Ansor merupakan organisasi di bawah PBNU yang bersifat independen, sama seperti Muslimat NU dan Ikatan pelajar NU (IPNU). Meski independen, ada visi-misi yang sama dalam organisasi tersebut. 

Meski begitu, PBNU mengingatkan organisasi di bawahnya untuk tidak bertindak secara berlebihan. PBNU akan mengklarifikasi kebenaran video viral ini ke Ketum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

“Kalau misalnya ada bendera HTI dan tulisan syahadat, kalau itu dibakar dengan berbagai niatan, misalnya dalam rangka menghormati, saya kira itu bisa dipahami sebagaimana yang diutarakan Gus Yaqut,” papar Masduki. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.