Jumat, 19 April 24

Maria Walanda Maramis Jadi Google Doodle

Maria Walanda Maramis Jadi Google Doodle
* Pahlawan nasional Indonesia Maria Walanda Maramis menjadi Google Doodle pada hari ini, Sabtu (1/12/2018).

Jakarta, Obsessionnews.com – Maria Walanda Maramis salah seorang pahlawan nasional Indonesia. Sosok Maria menjadi Google Doodle pada hari ini, Sabtu (1/12/2018), untuk memperingati ulang tahunnya.

Dikutip obsessionnews.com dari Wikipedia.org Maria dilahirkan di KemaSulawesi Utara (Sulut), 1 Desember 1872.    Ia meninggal di Maumbi, Sulut, 22 April 1924 pada umur 51 tahun)

Maria dianugerahi gelar pahlawan nasional karena usahanya untuk mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20.

Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa memperingati Hari Ibu Maria Walanda Maramis, sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan.

Menurut Nicholas Graafland, dalam sebuah penerbitan “Nederlandsche Zendeling Genootschap” tahun 1981, Maria ditahbiskan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang memiliki bakat istimewa untuk menangkap mengenai apa pun dan untuk memperkembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki.

Untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, sekitar 15 menit dari pusat Kota Manado yang dapat ditempuh dengan angkutan darat. Di sini pengunjung dapat mengenal sejarah perjuangan seorang wanita asal Bumi Nyiur Melambai ini. Fasilitas yang ada saat ini adalah tempat parkir dan pusat perbelanjaan.

Kata kunci Maria Walanda Maramis menjadi trending topic  di mesin pencari Google. Di Google Trends wilayah Indonesia pada Sabtu (1/12) hingga pukul 07 24 WIB kata kunci Maria Walanda Maramis menjadi trending topic nomor wahid, dan ditelusuri lebih dari 200.000 kali. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.