Jumat, 24 September 21

Hore…! Bunga UMKM Bakal Turun Lagi

Hore…! Bunga UMKM Bakal Turun Lagi

Jakarta, Obsessionnews – Ada lagi kabar gembira untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan Koperasi di Indonesia. Presiden Joko Widodo, menjanjikan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sebelumnya dipangkas dari 22% menjadi 12%, bakal diperkecil lagi hingga 9%.

Seperti dikutip dari Antara, Presiden Jokowi ketika meluncurkan program revitalisasi seribu pasar rakyat di Pasar Manis, Kelurahan Kedung Wuluh, Kabupaten Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (30/6), mengatakan pemangkasan suku bunga tersebut sangat mungkin dilakukan lantaran pemerintah memberi subsidi.

“Kalau (pinjam) ke rentenir berapa? 20, ada yang 30 persen, ini sekarang kan hanya 1 persen per bulan,” kata Presiden.

Presiden juga menegaskan pentingnya izin operasi yang dikantongi pelaku UMKM agar akses permodalan makin mudah. Sebab pemerintah menggelontorkan subsidi bunga mencapai Rp 900 milyar.

“Tahun depan kita siapkan Rp 7 triliun untuk bunga saja sehingga tidak membebani usaha mikro dan usaha kecil. Jangan takut untuk mencari pinjaman dari perbankan,” tegas Jokowi.

“Saya pernah mengalami usaha dari nol jadi saya tahu betul apa yang dibutuhkan pelaku usaha, oleh sebab itu saya siapkan kredit yang dibutuhkan usaha mikro dan kecil,” tutupnya. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.