Jumat, 19 April 24

Honda dan SMKN 10 Malang Kerjasama Pendidikan Dasar Teknisi

Honda dan SMKN 10 Malang Kerjasama Pendidikan Dasar Teknisi

Malang – PT Honda Prospect Motor (HPM) meresmikan kerjasama Program Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda dengan SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 10 Malang, pada Selasa 10 Desember 2014, di Malang, Jawa Timur. Program ini merupakan yang ke-42 kalinya bagi PT HPM dalam melakukan kerjasama dengan dunia penddidikan yang ada di Indonesia sejak tahun 2000.

Menandai program kerjasama ini, PT HPM menyerahkan donasi berupa 1 unit Engine Simulator, Common Tools, Special Tools dan alat ukur, materi pelatihan, serta komponen-komponen sistem kendaraan yang digunakan sebagai materi pendukung pendidikan.

Pendidikan Dasar Teknisi Honda merupakan program pendidikan dasar yang diberikan di SMKN 10 Malang, bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar dapat menjadi calon teknisi yang nantinya akan diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi di dealer-dealer jaringan Honda.

Program Transfer Teknologi Honda ini dilakukan dengan membuka kelas khusus untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

1. Memberikan training dan OJT (On Job Training) kepada guru-guru SMKN 10 Malang,

2. Menyeleksi siswa-siswa berprestasi dan berkemauan tinggi untuk terjun langsung di dunia Industri,

3. Memberikan training dan OJT kepada siswa-siswa terpilih ke jaringan dealer Honda selama jangka waktu minimal 4 bulan,

4. Memberikan bantuan alat peraga training yang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa :

a. Engine Simulator,
b. Komponen sistem suspensi, rem, Power Steering dan transmisi,
c. Shop Manual,
d. Common Tools dan Special Tools,
e. Informasi teknologi sebagai bahan training.

5. Memberikan kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program dijaringan Dealer Honda.

Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “SMK merupakan salah satu sekolah yang diprogramkan oleh pemerintah untuk memberikan pendidikan pada level menengah, dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang siap kerja dan mampu bersaing dengan sumber daya dari negara lain, terutama di tingkat Regional Asia Tenggara. PT Honda Prospect Motor selalu berkomitmen untuk membantu program pemerintah tersebut dengan memberikan Program Pelatihan dan Pendidikan Otomotif yang ter-update agar para siswa SMK benar-benar memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia Industri saat ini”.

Uchida juga menambahkan, “Hal ini sesuai dengan komitmen Honda secara global untuk terus-menerus meningkatkan keterlibatan sumber daya lokal di berbagai area bisnis. Karena itu, kami juga mendorong para siswa dari berbagai bidang untuk tidak ragu dalam berkarir di jaringan Dealer Honda”.

Saat ini, pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi maksimal mencapai 200.000 unit per tahun, pabrik PT HPM telah memproduksi produk-produk seperti Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed. (Ali)

 

Related posts