Senin, 29 November 21

HNW Kritik Penetapan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional

HNW Kritik Penetapan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) setuju dengan kebijakan Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Namun, ia tidak setuju menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Jokowi sebelumnya berasalan, Hari Lahir Pancasila diliburkan untuk mengenang dan menghormati Bung Karno. Menurut Hidayat alasan itu tidak tepat, karena Bung Karno sendiri tidak pernah libur.

“Semestinya dalam rangka menghormati Bung Karno yang berpidato pada tanggal 1 Juni 1945, maka mestinya hari itu bukan hari libur, karena bahkan waktu itu Bung Karno enggak libur,” ujar Hidayat, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/6/2016).

Hidayat menjelaskan, pada saat itu Bung Karno justru sedang menghadiri hari terakhir sidang persiapan Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan menyampaikan orasinya kepada para tokoh nasional dengan jiwa yang berapi-api.

Politisi PKS ini berpendapat, lebih baik pemerintah mewajibkan masyarakat ‎untuk melakukan kegiatan positif dalam rangka mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. ‎ Kegiatan yang dimaksud, antara lain diskusi buku Bung Karno atau Pancasila dan lomba pidato atau menghapal UUD 1945.

“Atau apa sajalah yang betul-betul menandakan bahwa kita ingin melanjutkan tradisi yang telah dibangun oleh Bung Karno,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.